Senin 04 Dec 2017 14:00 WIB

Begini Cara Tidur Rasulullah

Rep: mgrol98/berbagai sumber/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah kalian tahu cara tidur yang terbaik? Cara tidur yang terbaik adalah cara tidurya Rasulullah sallallhu alaihi wasallam.

Sejak dulu, Rasulullah sallallahu alaihi wasallam sudah mengajarkan banyak hal terkait kehidupan kepada umat Muslim. Salah satunya adalah cara tidur yang mendatangkan banyak kebaikan. Dimana dengan cara tidur yang diajarkan olenya akan melindungi dan menjaga diri saat sedang terlelap dari segala kejahatan yanga ada.

Dalam buku Teladan Rasulullah yang ditulis oleh Dr. Ahmad Hatta, disebutkan bagaimana cara tidurnya Rasulullah sallallahu alaihi wasalam,

1. Meletakkan Tangan Kanan di Bawah Pipi Kanan.

Baraa bin Azib radhiyallahu anhu meriwayatkan, “Saat hendak tidur Rasulullah sallallahu alaihi wasallam selalu meletakkan tangan kanan di bawah pipi kanan beliau seraya berdoa, Rabbi qini ‘adzabaka yauma tab’atsu ‘ibadaka (Ya Rabb, lindungilah aku dari azab-Mu pada hari ketika Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu (dari kubur)).”(HR. Tirmidzi, Ahmad, dan Nasa’i)

2.  Berdoa Sebelum Tidur dan Setelahnya.

Hudzaifah radhiyallahu anhu meriwayatkan, “Setiap hendak tidur, Rasulullah selalu berdoa, Allahumma bismika amutu wa ahya (Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan hidup). Dan setiap kali banguntidur, beliau berdoa, Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amataana wa  ilaihin nusyur (Segala puji bagi Allah Yang Telah Menghidupkan kami setelah sebelumnya Mematikan kami, dan kepada-Nyalah (kami) dibangkitkan).”(HR. Tirmidzi, Bukhari, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Nasa’i)

3. Menyatukan Telapa Tangan dan al Mu’awwidzat (Surah-surah Perlindungan)

Aisyah meriwayatkan, “Setiap kali hendak tidur pada malam hari, Rasulullah selalu menyatukan tangn beliau seraya membaca surah al Iklhas, al Falaq, dan an Nas, kemudia beliau meniup kedua telapak tangan beliau. Setelah itu, dengan kedua telapak tangan itu, beliau mengusap bagian tubuh yang terjangkau, dimuali dari kepala, wajah, lalu bagian depan tubuh beliau. Hal itu beliau lakukan tiga kali.”(HR. Tirmidzi, Bukhari, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Nasa’i)

4. Mendengkur Halus saat Tidur.

Ibnu Abbas radhiyallahu anhu meriwayatkan, “Rasulullah tidur sampai beliau mendengkur halus dan beliau selalu medengkur halus ketika tidur, hingga Bilal datang dan melantunkan adzan. Ssaat itu beliau bangun lalu melaksanakan shalat tanpa berwudhu terlebih dahulu.”(HR. Tirmidzi, Bukhari, Muslim, Nasa’I, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

5. Berbaring Menghadap Ke Kanan

Abu Qatadah radiyallahu anhu meriwayatkan, “Jika Rasululla hendak tidur di malam hari, beliau berbaring menghadap ke kanan. Jika beliau hendak tidur sesaat sebelum subuh, beliau menegakkan lengan dan meletakkan kepala beliau di atas telapak tangan beliau.”(HR. Tirmidzi, Muslim, Ahmad, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Hakim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement