Senin 04 Dec 2017 06:06 WIB

Arab Saudi akan Gelar Pameran Industri Karya Perempuan

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Esthi Maharani
Perempuan Arab Saudi, ilustrasi
Perempuan Arab Saudi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kamar Dagang dan Industri Riyadh, Arab Saudi, akan menggelar pameran industri rumahan pada 21 Desember 2017. Arab News, Ahad (3/12), melaporkan, acara ini berfokus pada unjuk karya kaum perempuan Arab Saudi.

Kepala panitia Huda al-Jeraisy mengungkapkan, sekitar enam ratus peserta akan hadir dalam acara yang didukung pemerintah Arab Saudi itu melalui Pangeran Faisal bin Bandar. Rencananya, acara ini akan berlangsung di Balai Sidang Riyadh, Arab Saudi.

Kepanitiaan acara ini seluruhnya perempuan. Nantinya, perhelatan ini akan memamerkan pelbagai produk home industry yang dihasilkan kaum perempuan Arab Saudi. Sebut saja kerajinan tangan, rancangan busana, karya seni, desain, jasa boga, dekorasi, parfum, dan lain-lain.

Bentuk keterlibatan perempuan dalam ekonomi ini, ciri khasnya adalah diproduksi dari rumah. Acara ini didukung pemerintah dan beberapa perusahaan swasta, kata Huda al-Jeraisy kepada Arab News, Ahad (3/12).

Dia menjelaskan, kaum perempuan Arab Saudi terlibat aktif dalam roda ekonomi lokal. Mereka dapat memproduksi barang-barang dan jasa yang bernilai ekonomi.

Sejak Raja Salman naik tahta pada 2015, pemerintah Arab Saudi mulai memberikan ruang bagi publik perempuan setempat. Misalnya, pada September lalu, Raja Salman menghapuskan aturan yang melarang kaum perempuan mengemudi kendaraan bermotor di jalan-jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement