Sabtu , 25 November 2017, 03:25 WIB

Ada yang Istimewa di Zikir Akbar Republika 2017, Apa Itu?

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Andi Nur Aminah
Republika/Iman Firmansyah
Wakil Sekertaris Jendral MUI - KH. Tengku Zulkarnain dalam pertemuan bersama panitia  dzikir akbar  pemimpin redaksi harian Republika Irfan Junaidi dan wakil pemimpin redaks Nur Hasan Murtiaji di kawasan Matraman, Jumat (24/11).
Wakil Sekertaris Jendral MUI - KH. Tengku Zulkarnain dalam pertemuan bersama panitia dzikir akbar pemimpin redaksi harian Republika Irfan Junaidi dan wakil pemimpin redaks Nur Hasan Murtiaji di kawasan Matraman, Jumat (24/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan Zikir Akbar Nasional di penghujung tahun merupakan kegiatan tahunan yang telah dilakukan oleh Republika selama 15 kali. Untuk akhir tahun ini Republika telah menyiapkan hal yang berbeda.

Irfan Junaidi selaku Pemimpin Redaksi Republika mengatakan, telah menyiapkan kegiatan hal yang istimewa dan berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan karena bertepatan dengan ulang tahun Republika yang ke-25 tahun. "Insya Allah akan diadakan selama tiga hari. Ini sekalian menyambut ulang tahun Republika," ujar Irfan saat ditemui di daerah Matraman, Jakarta, Jumat (24/11).

Untuk kegiatan yang akan diselenggarakan, Irfan mengaku Zikir menjadi bagian dari kegiatan puncaknya. Selain itu akan diadakan kegiatan lain seperti bazar, pengajian ibu-ibu, pesantren sains, serta pengenalan metode menghafal Alquran yang baru.

"Nanti juga ada pengenalan metode baru menghafal Alquran, itu bisa hafal detail kata perkata. Selama ini orang menghafal pakai cara mengurut bunyi dari Al Fatihah sampai Al Ikhlas, nah ini bisa dibolak-balik. Yang mengajarkan nanti Ustaz Yusuf Mansur," ujar Irfan.

Irfan berharap kegiatan tersebut dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas. Dapat membawa keberkahan dan sebagai alternatif melewatkan malam pergantian tahun baru agar lebih berkualitas. "Yang saya senangi sekarang itu sudah seperti tren. Sudah banyak di daerah yang bikin zikir akbar juga. Markas polisi dan tentara, serta beberapa korporasi juga sudah ada yang mengadakan kegiatan serupa," ucap Irfan.

Untuk pengisi kegiatan Zikir Akbar Nasional ini, Irfan menjelaskan, Republika mengundang ulama dan ustaz kondang yang telah terkenal di Indonesia. Di antaranya Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur sebagai pembuka kegiatan, Ustaz Tengku Zulkarnain, Tuan Guru Bajang. Yang sedang di konfirmasi yaitu Kiai Ma'ruf Amin selaku Ketua Umum MUI serta Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nasir. "Kita lagi menunggu Muzammil Hasballah. Dia adalah hafiz Alquran dari ITB. Masih muda, bacaan Alqurannya indah, dan memiliki banyak follower di media sosial," ucap Irfan.

Terakhir Irfan menyatakan harapannya agar keberkahan mudah-mudahan untuk umat Muslim semuanya. Acara ini merupakan undangan bagi masyarakat untuk menikmati sajian dari Republika dan ulama serta Ustaz serta Masjid At-Tin sebagai tuan rumah.

Berita Terkait