Selasa , 21 November 2017, 08:49 WIB

Ini 9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad yang Dapat Ditiru

Rep: Novita Intan/ Red: Agus Yulianto
Republika/Iman Firmansyah
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminum infuse water (Ilustrasi)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminum infuse water (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk menghormati ulang tahun Nabi Muhammad SAW (Maulid Nabi), ada beberapa kebiasaan nabi secara sehat dan halal. Bahkan, kebiasaan ini secara ilmiah membantu produktivitas dan kesehatan mental yang lebih baik.

Seperti dilansir dari laman, Muslim Village, ada sembilan kebiasaan Nabi Muhammad yang bisa ditiru oleh umat, meski ini sunnah dikerjakan. Berikut ini sembilan kebiasaan sehat yang dilakukan Nabi SAW:

1. Bangun pagi. Sejak matahari terbit mulailah untuk bangun pagi. Ini membantu memperbaiki kualitas hidup Anda.

2. Makan secukupnya. Menurut Nabi Muhammad SAW, makanlah secukuplah. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyakit. Dalam konsep islam dan ilmiah, jangan makan terlalu kenyang. Cukup 80 persen kenyang untuk makan.

3. Makan secara perlahan. Dianjurkan Nabi Muhammad SAW, mengunyah makanan secara pelan. Sebab, dibutuhkan waktu 20 menit untuk mengirim sinyal ke otak kita sehingga penuh untuk berpikir. Makan lambat juga akan membantu Anda memperbaiki pencernaan dan ini adalah praktik yang dilakukan Muhammad dan sangat dianjurkan.

4. Makan bersama. Makan bersama dan tidak terpisah, bisa menjadi keberkahaan bagi siapapun. Nabi menekankan hal ini, bisa berbagi dan menikmati makanan. Terbukti makan bersama bisa mengurangi stres, memperbaiki hubungan keluarga dan romantis, dan membangun kebiasaan makan yang sehat di dalam anak-anak.

5. Jangan minum air satu napas. Jangan minum air dalam satu nafas, tapi minumlah dalam dua atau tiga kali nafas adalah cara Muhammad meminum air. Ilmu pengetahuan juga membuktikan bahwa ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat mereka dapat mengalami sakit kepala, ketidakseimbangan kadar elektrolit darah dan kadang-kadang pusing juga. Minum perlahan membantu Anda menyerap cairan dan mendapatkan manfaat paling banyak darinya.

6. Makan buah delima. Buah delima dianggap buah favorit nabi, dan penelitian ilmiah modern telah membuktikan buah delima sebagai salah satu makanan paling sehat. Buah ini membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme, dan potasium, yang membantu mempertahankan fungsi seluler dan menjaga keseimbangan kadar cairan. Ampuh juga melindungi tubuh dari penyakit jantung.

7. Puasa. Bukti terbaru menunjukkan bahwa bukan hanya makanan yang kita makan, tapi waktu makan dan pola makan kita juga memiliki dampak besar pada kesehatan kita. Puasa adalah praktik rutin kehidupan Muhammad, tidak hanya selama bulan Ramadhan. Dia akan berpuasa sampai Maghrib setiap hari Senin dan Kamis, dan juga pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulannya. Praktik puasa telah terbukti menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres oksidatif, dan mengurangi keseluruhan peradangan.

8. Makan kurma. Kurma adalah makanan yang sempurna untuk berbuka puasa saat mereka menstabilkan kadar gula darah Anda, menyeimbangkan kadar elektrolit darah, dan membantu memulai sistem pencernaan Anda dalam persiapan makanan. Nabi Muhammad SAW juga merekomendasikan makan kurma menjelang kelahiran. Kurma sekarang terbukti bisa meningkatkan produksi oksitosin di tubuh Anda dan mempercepat persalinan.

9. Olahraga. Memenuhi tiga dari lima rukun Islam mengharuskan kaum Muslim untuk kesehatan dan kebugaran yang sehat. Bentuk latihan yang membutuhkan pergerakan otot dan sendi tubuh Anda. Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan latihan fisik dan menyuruh orang tua untuk mendorong aktivitas fisik anak mereka juga dengan mengajar mereka berenang, menunggang kuda, dan memanah.

Berita Terkait