Selasa 21 Nov 2017 01:20 WIB
Mengenal Sosok Ibnu Taimiyah, Sang Syaikhul Islam (2)

Jeruji Besi tidak Menghalangi Sang Imam untuk Berkarya

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Agus Yulianto
Ibnu Taimiyah (ilustrasi).
Foto: Wikipedia
Ibnu Taimiyah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Pengetahuan dan ilmu yang dimiliki Ibnu Taimiyah mengenai sunah Rasulullah SAW, baik perkataan, perbuatan, ketetapan hukum, dan aktivitas sehari-hari Beliau SAW, juga sangat luas. Ia termasuk orang yang sangat teliti dalam mempelajari riwayat yang sahih maupun tidak sahih dari Nabi SAW dan para sahabat.

"Hampir tidak ada satu pun fatwa, penukilan, pendalilan, ataupun perkataan yang ia sebutkan dalam suatu kitab, melainkan pasti bisa dinisbatkan kepada literatur yang tepat," kata al-Bazzar.

Saat berada di Mesir, Ibnu Taimiyah pernah menghadapi ujian yang berat. Di negeri itu, ditangkap oleh penguasa setempat dan dijebloskan ke penjara. Namun, jeruji besi ternyata tidak menghalangi sang imam untuk berkarya. Sebagai bukti, selama berada di dalam penjara itu ia sempat membuahkan beberapa kitab, baik yang berukuran kecil maupun besar.

Di dalam kitab-kitab itu, Ibnu Taimiyah bahkan mampu mencantumkan hadis-hadis Nabi SAW, atsar para sahabat, perkataan para ulama, nama-nama ahli hadis, serta para penulis yang ia jadikan sebagai rujukan, lengkap dengan identitas mereka. "Semua kitab baru yang dia (Ibnu Taimiyah) tulis dalam penjara itu bersifat spontan dari hafalannya, karena pada waktu itu tidak ada satu pun kitab yang bisa dibacanya lantaran penguasa Mesir menghalanginya untuk mengakses bahan bacaandari luar," ucap al-Bazzar lagi.

Berbagai tulisan, karangan, dan fatwa Ibnu Taimiyah sungguh teramat banyak dan sulit sekali untuk diteliti. Oleh karenanya, jarang sekali kita temukan penulis sekarang yang tidak menjadikan karya-karya Ibnu Taimiyah sebagai rujukannya. Baik dalam masalah akidah, fikih, hadis, filsafat, logika, pendidikan, akhlak, politik, ekonomi, maupun disiplin ilmu agama yang lain. (Bersambung)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement