Senin 20 Nov 2017 09:01 WIB

Muhammadiyah Fokus Kembangkan Ekonomi dan Kewirausahaan

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani
 Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir memberikan sambutan  dalam acara Syukuran Dua Tahun Muhammadiyah Ranting Pondok Labu,Jakarta, Ahad (19/11).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir memberikan sambutan dalam acara Syukuran Dua Tahun Muhammadiyah Ranting Pondok Labu,Jakarta, Ahad (19/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bekerja di ranah masyarakat, khususnya dalam bidang pemberdayaan masyarakat merupakan pekerjaan besar dan penuh tantangan. Upaya pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu bagian intenal dari gerakan dakwah dan tajdid (pembaharuan) Muhammadiyah.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, mengatakan pihaknya tetap berkomitmen membentuk masyarakat yang tamaddun atau berperadaban dan sejahtera.

 

"Kami terus melakukan langkah terobosan mengembangkan Muhammadiyah Businness Centre melalui ranting. Kami fokus pengembangan ekonomi dan kewirausahaan," ujarnya saat acara Syukuran Dua Tahunan Muhammadiyah Ranting Pondok Labu di Gedung Pusdikat Kemenhan, Jakarta, Ahad (19/11).

Menurutnya, selama ini Muhammadiyah telah berhasil menggerakan sumber pemberdayaan bidang pendidikan, kesehatan dan layanan sosial. Ke depan, pihaknya akan bergerak pada pilar ekonomi.

"Kita sudah memiliki lembaga perekonomian seperti Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di kanwi, ada sekitar 525 di seluruh tanah air," ucapnya.

Dengan fokus memberdayakan masyarakat, Muhammadiyah mempercayakan melalui ranting atau cabang yang tersebar di seluruh tanah air. Saat ini ada sekitar 6013 Muhammadiyah Cabang dan Ranting di Indonesia.

"Muhammdiyah Ranting telah hidup selama lima tahun terakhir ini, sifatnya organisasi dengan memberdayakan masyarakat," ucapnya.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jakarta Selatan telah mengukuhkan sekaligus melantik personalia Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Pondok Labu. Mantan Ketua PP Muhammadiyah dua periode Din Syamsuddin terpilih menjadi Ketua Ranting tersebut.

Pada 2012, tercetus pemikiran untuk mendirikan ranting Muhammadiyah di Pondok Labu. Setelah melalui proses persiapan, tokoh dan warga Pondok Labu menyepakati 13 formatur PRM Pondok Labu di kediaman Din pada 25 Oktober 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement