Ahad 19 Nov 2017 00:44 WIB

Masjid Camii, Masjid Terindah dan Terbesar di Tokyo

Mira Achiruddin (paling kanan) saat mengunjungi Masjid Camii Tokyo.
Foto: Dok Mira Achiruddin
Mira Achiruddin (paling kanan) saat mengunjungi Masjid Camii Tokyo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kini makin banyak masjid di Negeri Sakura Jepang. Salah satunya adalah Masjid Camii di Tokyo.

Penyair dan eksekutif wanita Mira Achiruddin adalah salah seorang Muslim traveller (turis Muslim) yang telah menyambangi masjid tersebut. Tepatnya pada bulan suci Ramadhan 1438 H lalu atau Juni 2017.

 “Mengunjungi Masjid Camii di kota Tokyo sungguh merupakan pengalaman  yang sangat berkesan bagi saya. Betapa tidak,  Masjid Camii di Tokyo  adalah  salah satu mesjid yang indah dan terbesar di negara Jepang. Camii berasal dari kata Arab yang berarti jamaah,” kata Mira Achiruddin kepada Republika.co.id, Jumat (17/11).

Ia menambahkan, Masjid Camii berlokasi di distrik bisnis dan wisata Shibuya dan Shinjuku kota Tokyo.  “Desain  bangunannya  begitu kental dengan berbagai ornamen Kekaisaran Ottoman dari peradaban Negeri Turki.  Berbagai ornamen, perhiasan dan marmer didatangkan langsung dari Turki,” tuturnya.

Luas Masjid Camii  Tokyo seluas 700 meter persegi dan memiliki kubah berdiameter 25 meter.  “Masjid ini bisa menampung sekitar  1.200 jamaah,” ujarnya.

Jamaah membludak pada har-hari besar Islam, seperti Idul Fitri dan Idul Adha, maupun bulan Ramadhan. “Pada hari Jumat, jumlah jamaah berkisar ratusan orang. Khutbah Jumat disampaikan dalam bahasa Turki, Inggris dan Jepang,” paparnya.

Mira menceritakan, selain penduduk Muslim,  masjid tersebut juga sering dikunjungi penduduk lokal  yang bukan beragama Islam dan para wisatawan  dari berbagai negara  yang tertarik mengenai agama Islam.

“Pada umumnya, para turis mancanegara itu  sangat kagum dengan  keindahan dan ornamen  Mesjid Camii Tokyo ini.  Betapa agama Islam adalah agama yang mengajarkan tentang cinta kasih dan kedamaian dengan nilai seni yang tinggi,” tutur penulis sajak-sajak sufi itu.

Ia menambahkan, agama Islam adalah agama tentang hubungan makhluk dengan Tuhan Yang Mahaesa  dan hubungan manusia dengan manusia lainnya  dan alam semesta.  Islam mengajarkan saling  mengasihi dan berbagi cinta kepada sesama. “Betapa Masjid Camii  adalah tempat syahdu dan damai ketika kita ingin berkontemplasi dan napak tilas tentang kebesaran agama Islam,” ungkapnya.

Bagi para wisatawan Indonesia yang berlibur ke Tokyo,  tidak ada ruginya untuk berkunjung ke Masjid Camii yang indah ini.  “Lokasinya tidak terlalu sulit untuk dijangkau, tepatnya  tidak jauh dari Stasiun Shinjuku,” ujar Mira Achiruddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement