Rabu , 15 November 2017, 09:36 WIB

Atlet Anggar Berhijab Ini Jadi Model Barbie Terbaru

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
AP
Ibtihaj Muhammad memegang boneka Barbie berhijab yang terinspirasi darinya.
Ibtihaj Muhammad memegang boneka Barbie berhijab yang terinspirasi darinya.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Atlet anggar berhijab Ibtihaj Muhammad menjadi model boneka Barbie keluaran perusahaan mainan Mattel. Ibtihaj adalah perempuan Muslim Amerika Serikat pertama yang mendapatkan medali di Olimpiade AS.

Barbie Ibtihaj ditampilkan mengenakan seragam anggar, hijab, dan sepatu serba putih. Boneka yang wajahnya amat mirip dengan Ibtihaj itu mengacungkan pedang epee anggar di tangan kanan dan membawa masker bertarungnya di tangan kiri.

"Kami sangat gembira bisa menghormati Ibtihaj Muhammad dengan membuat boneka Barbie berwujud dirinya. Ibtihaj terus menginspirasi banyak perempuan di mana saja dengan aksinya yang mendobrak batas," ungkap akun Twitter resmi Barbie.

Boneka itu menjadi bagian dari seri "Barbie Shero", yang mengabadikan tokoh perempuan inspiratif dari seluruh dunia. Beberapa nama lain termasuk pesenam Gabby Douglas, sutradara Ava Duvernay, model bertubuh plus Ashley Graham, dan balerina Misty Copeland.

Selama ini, Barbie memiliki banyak tampilan dan mewakili lebih dari 180 profesi untuk menginspirasi para perempuan. Ada Barbie dalam pakaian wisuda, menjadi astronaut, insinyur, menjelma bajak laut, bahkan Barbie versi Wonder Woman dan model kondang Gigi Hadid.

Keputusan menampilkan Barbie versi tokoh dunia menuai pujian dari banyak pihak karena selama ini boneka Barbie dianggap hanya mewakili mereka yang pirang dan bertubuh molek. Orang yang paling berbahagia adalah Ibtihaj, menganggap kehadiran Barbie dirinya adalah mimpi masa kecil yang terwujud.

"Terima kasih untuk Mattel yang mengumumkan bahwa saya telah menjadi anggota baru keluarga Barbie Shero. Sangat bangga mengetahui kini gadis kecil di manapun bisa bermain dengan Barbie yang mengenakan hijab," kata perempuan 31 tahun itu, dikutip dari laman The Debrief.