Selasa 14 Nov 2017 07:18 WIB

IIEE Usung Tema Pesantren Hadapi Tantangan Global

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Pendidikan di pondok pesantren (ponpes)
Foto: Damanhuri/Republika
Pendidikan di pondok pesantren (ponpes)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama akan menggelar acara International Islamic Education Expo (IIEE) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Serpong, Tangerang Selatan pada 21-24 November 2017. Dalam kegiatan ini akan dimeriahkan juga dengan acara International Seminar on Pesantren Studies pada 20-22 November 2017.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Zayadi mengatakan, seminar ini akan mengangkat tema Pesantren Menghadapi Tantangan Global: Upaya Memperkuat Tafaqquh Fiddin dan Membangun Peradaban Bangsa. "Kegiatan ini dilakukan agar pesantren terus berefleksi-inovasi dalam meng-upgrade sistem pembelajaran dan senantiasa survive menghadapi perubahan zaman," ujar Zayadi dalam keterangan tertulisnya yang diberikan pada Republika.co.id, Senin (13/11).

Menurut Zayadi, seminar ini juga bertujuan membedah tantangan global yang dihadapi pesantren sekarang dan bagaimana optimalisasi peran lembaga pendidikan khas Indonesia ini di kancah Internasional. Menurutnya, saat ini perlu dipikirkan kembali dan dicari formulasi tentang peran strategis pesantren di tengah arus teknologi informasi dan perubahan budaya Indonesia.

"Tujuan lainnya adalah, memperkuat kelembagaan pesantren dalam memperkokoh institusionalisasi pendidikan sebagai upaya mencerdaskan manusia Indonesia seutuhnya," ucapnya.

Sejumlah narasumber, dalam dan luar negeri, dijadwalkan akan hadir antara lain yaitu Syekh Dr. Fadi Alamuddin (Lebanon - Global University), Syekh Dr. Thariq Ghannam (Australia-Mufti Darul Fatwa), dan Prof Muhammad Hasan Hitou (Suriah-Pimpinan STAI Imam Syafii Cianjur).

Selain itu, kegiatan ini juga akan dihadiri Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin KH Musthofa Bisri, Rais Syuriah PBNU, KH Masdar Farid Masudi, Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Muthi, Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof Abdul A'la, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Zayadi, Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK dan Kebudayaan Kementerian PPN / BAPENAS Amich Alhumami dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI, Noor Ahmad.

Bertindak sebagai keynote speaker seminar adalah Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin dengan tema Moderasi Islam dalam Kajian Pesantren, kata Zayadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement