Sabtu 04 Nov 2017 10:23 WIB

Penting, Pendidikan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin

REPUBLIKA.CO.ID,

BANJARMASIN -– Hampir semua orang tua (dulu) praktis tidak cukup mendapatkan bekal menjadi orang tua, dan begitu saja terjun bebas menjadi orang tua. Bahkan, mereka pun kurang memahami apa filosofi membangun keluarga, apa itu arti sakinah mawaddah warrahmah. Karena itu, sangat penting dibutuhkan pendidikan pra nikah bagi calon pengantin.

 

"Sakinah itu apa, apakah sesuatu yang given atau proses, belum lagi persoalan lain. Saya mengapresiasi Nasyiatul Aisyiyah yang mempunyai program sama, yaitu pendidikan pra nikah, ini bisa dikerjasamakan. Saya punya mimpi setiap pasangan bisa menunjukkan bahwa meraka pernah ikut pendidikan pra nikah,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan materi pada Tanwir I Nasyiatul Aisyiyah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kemarin.

Menurutnya, seringkali kita selalu menekankan pendidikan anak, namun kita lupa, justru yang tidak kalah pentingnya adalah pendidikan orang tua. “Menjadi orang tua itu tidak sederhana, butuh pengetahuan, menjadi orang tua harus dipersiapkan. Maka, pendidikan pra nikah menjadi sangat penting, ini yang sekarang kita sedang perbanyak fasilitator pendidikan pra nikah,” katanya.

Menag mengapresiasi tema Tanwir, bagaimana mempersiapkan perempuan muda Islam berkemajuan, sebagai gerakan dan keluarga ini sangat penting. “Wawasan bagi orang tua tidak hanya terkait dengan agama yang harus diamalkan, tapi juga wawasan yang lebih kekinian dan aktual tentang kehidupan kemasyarakatan,” ucapnya.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement