Senin 30 Oct 2017 09:58 WIB
Majelis Silaturahim Nasional Dideklarasikan

Kiai Pintar dan Kuasai Tekonologi, Ma'ruf Amin: Indonesia Menyejukan

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agus Yulianto
Ketua MUI, Maruf Amin
Foto:
Para santri rebutan berswafoto dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan usai cara peringatan Hari Santri Nasional 2017 Tingkat Jawa Barat, di halaman Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, di Alun-alun Kota Bandung, Kamis (26/10).

Santri saham terbesar raih kemerdekaan

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, komitmen NU terhadap kelangsungan hidup NKRI merupakan fondasi yang dibangun dengan susah payah oleh seluruh elemen bangsa, termasuk para santri. "Sepanjang sejarah negara Indonesia, para santri memiliki saham terbesar dalam meraih kemerdekaan bersama dengan komponen bangsa lainnya," ujarnya.

Apalagi, saat ini pemerintah telah menetapkan Hari Santri Nasional setiap tanggal 22 Oktober. Sehingga, diharapkan menjadi cambuk bagi para santri untuk terus menperkuat dan melengkapi diri.

Menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, para santri juga perlu melakukan pengembangan ilmu keislaman yang berbasis teknologi digital. Dalam era globalisasi saat ini, kata dia, penguasaan dan pemahaman teknologi digital merupakan hal yang wajib dimiliki oleh para santri.

Jika teknologi digital sudah dikuasai oleh santri NU, maka ilmu keislaman para santri akan berkembang luar biasa. Serta, paradigma agama Islam yang rahmatan lil alamin akan semakin tersebar ke seluruh penjuru dunia.

"Insya Allah,dengan penguasaan teknologi digital oleh para santri, dimasa depan kita akan menguasai dunia," tutur pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Sementara itu, Ketua PWNU Jabar, KH. Hasan Nuri Hidayatullah, menambahkan, para santri semestinya berperan besar dalam mengisi kemerdekaan. Khususnya, sebagai jembatan bagi semua komponen bangsa. Tujuannya, untuk membangun Indonesia sesuai dengan nilai-nilai ukhuwah yang merupakan pedoman para santri.

"Jika nilai-nilai ukhuwah diterapkan dalam kehidupan bangsa Indonesia, saya yakin Indonesia akan tahan terhadap berbagai ancaman dan hidup tenang dalam bingkai NKRI," demikian Hasan. Rahmat Fajar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement