Jumat 27 Oct 2017 20:16 WIB

Blitar Kagumi Kerukunan Umat Beragama di Padang

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto
Bupati Blitar H Rijanto
Foto: Republika/Christiyaningsih
Bupati Blitar H Rijanto

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Atmosfer perdamaian dan kerukunan umat beragama di Kota Padang, Sumatera Barat ternyata menarik daerah lain untuk datang berkunjung dan merasakan harmoni yang ada. Salahs atunya, Pemerintah Kabupaten Blitar yang mesti terbang ke Padang untuk melihat lebih dekat kiat Pemkot Padang dalam menjaga kerukukan beragama.

Pemkab Blitar datang ke Padang memboyong Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat. Kedatangan rombongan ini disambut Wali Pota Padang yang diwakili Kapolresta Padang Kombes Chairul Aziz, di Grand Inna Muara Hotel.

"Kami datang ke sini (Padang) ingin mengetahui bagaimana upaya Pemko Padang dalam menjaga kerukunan umat beragama," kata Bupati Blitar, Rijanto, Jumat (27/10).

Rijanto mengatakan, bahwa selama ini kerukunan umat beragama di Blitar berjalan dengan sangat baik. Masing-masing pemeluk agama bisa hidup berdampingan dengan rukun dan damai.

Bila umat Islam merayakan Idul Fitri, lanjut RIjanto, umat Kristiani yang melakukan pengamanan. Demikian juga ketika umat Kristiani merayakan Natal atau ada kebaktian di Gereja, Banser NU yang mengamankan di luar.

"Demikian juga dengan pada saat agama Hindu merayakan Nyepi. Kami berharap hal ini tetap langgeng sesuai dengan semboyan kita bersama 'NKRI Harga Mati'," katanya.

Selain itu, Rijanto menuturkan, bahwa kegiatan kunjungan ke daerah-daerah dilaksanakan setiap tahun. Bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan Dewan Penasehat dan Pengurus FKUB Kabupaten Blitar tentang NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dari Miangas hingga Pulau Rote, dari Sabang sampai ke Merauke.

Sementara, Kapolresta Padang Kombes Chairul Aziz menyebut, terkait FKUB, di Padang tidak ada permasalahan yang berat. Semuanya dapat diselesaikan dengan baik oleh FKUB. "Sehingga, kini situasi Kota Padang dan sekitarnya berjalan cukup kondusif," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement