Sabtu 21 Oct 2017 04:45 WIB

Doa Pengantin adalah Keberkahan

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
Pasangan suami istri.
Foto: Pixabay
Pasangan suami istri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Bendri Jaisyurrahman berbicara dalam kajian Forum Usroh yang bertema "Saat Bahtera Mulai Terguncang mengatasi riak-riak dalam pernikahan" di Masjid Agung alAzhar, Jakarta, Ahad (15/10). Ustaz Bendri menjelaskan, iblis selalu memiliki kepentingan apabila terdapat rumah tangga yang berkonflik. Menurut dia, konflik kecil dalam kehidupan rumah tangga merupakan awal mula iblis merencanakan hasutannya.

"Maka kita lakukan, kita memahami, kita berjuang melawan godaan setan," ucapnya. Untuk itu, Ustaz Bendri menegaskan bahwa keberkahan dalam per nikahan merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, Allah menjaga terhadap halhal tentang keberkahan. Maka dari itu, munculnya badai dalam rumah tangga salah satunya karena tercabutnya keberkahan.

 

"Makanya, doa pengantin adalah keberkahan. Berkah akan bertambah kebaikan. Maka, pertama kali menikah adalah keberkahan karena albarakah itu bertambahnya kebaikan," kata Ustaz Bendri menambahkan. Menurut Ustaz Bendri, menjaga shalat sunah adalah cara untuk menjaga keberkahan tetap terjaga dalam kehidupan rumah tangga.

Tapi, juga tidak melupakan melaksa nakan shalat wajib dengan khusyuk. Ka rena, jika kekhusyuan terlepas maka ke berkahan akan pun akan dicabut. Ke mudian, membiasakan diri untuk bangun tidur sebelum matahari terbit setiap hari juga cara menjaga keberkahan. Terma suk, menjaga momen makan bersama, sehingga keharmonisan keluarga selalu tercipta. "Jadi, mengantisipasi badai, yaitu menjaga keberkahan," tuturnya.

Ustaz Bendri melanjutkan tentang hal yang harus dilakukan oleh suami istri untuk menghindari datangnya badai dalam kehidupan keluarga, di antaranya, saling mengenali karakter pasangan. Termasuk, mengenali halhal yang dapat memicu terjadinya konflik. Jika dalam ke luarga terdapat benihbenih yang da pat memunculkan konflik, kata Ustaz Bendri, harus segera dicari kan resolusi konflik secepatnya. Se hingga, masalah yang dihadapi dapat se gera diatasi dan tidak semakin membesar.

Dia mencontohkan resolusi konflik yang bisa diterapkan dalam rumah tang ga, yaitu tidak melampiaskan kemarahan di depan anak. Kemudian, tidak men diam kan pasangan selama tiga hari. Menurut Ustaz Bendri, banyak para sahabat yang bisa dijadikan contoh dalam membangun keluarga dan cara menghadapi masalah dalam rumah tangga.

Sahabat Ali bin Abi Thalib salah satu sahabat yang bisa dijadikan contoh. Ustaz Bendri mengatakan, ketika sahabat Ali berkonflik dengan Fatimah, ia memilih keluar rumah dan pergi ke masjid. Se bab, jika istri yang keluar ru mah dikha watirkan persoalan rumah tangga akan mudah menyebar ke ma syarakat luas.

"Saat badai terjadi maka berdiam diri, merenung. Ingat masa kemesraan, mengisolasi konflik agar tak menyebar. Bicara saat tenang, tidak menunda. Perkuat hubungan dengan Allah. Solusi nonteknis jadi hal yang utama," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement