Jumat 20 Oct 2017 07:30 WIB

Penulis Non-Muslim: Saya Terinspirasi dari Nabi Muhammad

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Agus Yulianto
Hermawan Kartajaya.
Foto: Amin Madani/Republika
Hermawan Kartajaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis buku Marketing 3.0 yang telah diterjemahkan dalam 27 bahasa dan bertahan sebagai best seller selama tujuh tahun, Hermawan Kartajaya, merupakan seorang non-Muslim. Ia menuliskan bukunya karena terinspirasi dengan Nabi Muhammad SAW.

"Saya sudah menulis delapan buku selama 19 tahun. Tapi, khusus buku ini, inspirasinya dari Nabi Muhammad SAW. Biasanya kalau jujur jangan bisnis, kalau bisnis jangan jujur, nah ini bisa disatukan oleh Beliau (Nabi Muhammad SAW). Beliau berbisnis dengan jujur," ujar Hermawan dalam keynote-nya di Inhalec, Kamis (19/10) siang.

Dan hebatnya, buku-buku dia best seller di negara-negara yang penduduknya kurang percaya dengan Tuhan, seperti Cina, Jepang, dan Korea. Sebelumnya, Hermawan menulis Marketing 1.0 berisi tentang produk yang harus laku ketika dipasarkan. Lalu, Marketing 2.0 berisi tentang customer (pembeli). "Customer adalah hal yang penting," katanya.

Nah di Marketing 3.0 tentang produknya harus bagus, customer harus dicari, dan pemasarannya juga harus dengan cara-cara yang baik, bukan dengan cara-cara yang jelek. "Nah di buku saya yang terbaru Marketing 4.0 yang menceritakan bagaimana Markplus terbentuk, dan sekarang sudah diminta versi 5.0-nya," ujar Founder Markplus Indonesia itu.

Dalam International Halal Lifestyle Expo dan Conference (Inhalec) Hermawan memberikan beberapa paparannya serta satu idenya bagi produk halal Indonesia. Bisnis itu dasarnya kejujuran. Hati-hati dengan teknologi kalau tidak paham dasarnya. "Jadi, kalau mau gunakan industri halal dengan teknologi, gunakan teknologi dengan dasar kejujuran," kata Hermawan lagi.

Satu sumbangan idenya adalah halal lifestyle ini harus ada sub branding-nya lagi. Misalnya pada sektor food, ada brand Halal for Healthy, lalu Halal for lainnya. Sehingga, halal lifestyle ini sebagai umbrella branding.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement