Kamis 19 Oct 2017 14:38 WIB

Menag: Kontribusi Alumni Al Azhar Luar Biasa Bagi Indonesia

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Agus Yulianto
Menag bersama peserta Konferensi Internasional dan Multaqa Alumni Al Azhar menyanyikan lagu Indonesia Raya
Foto: dok. kemenag.go.id
Menag bersama peserta Konferensi Internasional dan Multaqa Alumni Al Azhar menyanyikan lagu Indonesia Raya

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi penyelenggaraan Konferensi Internasional dan Multaqa IV Alumni Al Azhar Cabang Indonesia di Islamic Center Nusa Tenggara Barat (NTB). Apalagi, kata dia, alumni Al Azhar memiliki peranan besar dalam kemajuan bangsa.

Nama-nama besar dari Alumni Al Azhar seperti Almarhum Abdurrahman Wahid, Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi, hingga Profesor Quraish Shihab menjadi di antara Alumni Al Azhar yang telah berkontribusi bagi bangsa. "Kontribusi dan sumbangsih (alumni Al Azhad) bagi negara sungguh luar biasa. Bagi Kemenag, dalam mengurusi kehidupan agama di Indonesia, saya merasa tidak sendiri karena ditemani para Alumni Al Azhar di Indonesia," ujar Lukman dalam acara Konferensi Internasional dan Multaqa IV Alumni Al Azhar di Islamic Center NTB, Kamis (19/10).

Sebagai lembaga pendidikan Islam tertua, Al Azhar dikenal sebagai lembaga yang secara konsisten menyebarkan Islam yang moderat. Lukman menilai, Al Azhar memiliki daya tarik karena memiliki pondasi keilmuan yang kuat dengan bercirikan Islam moderat ini lantaran sejarah pendirian Al Azhar bermula dari masjid yang kemudian terus berkembang.

Menurut dia, Al Azhar mampu merawat khazanah Islam dan tradisi memadukan hal-hal yang sifatnya tekstual disinergikan dengan kontekstual. "Saya bersyukur dan kagum, ini yang sebabkan Al Azhar mampu menjaga eksistensi dan berkembang, serta kemampuan menjaga originalitas yang berbasis akal keilmuan. Ini ciri Al Azhar yang kita rasakan manfaatkan luar biasa," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement