Kamis 19 Oct 2017 07:10 WIB

Saat Quraish Shibab dan Gubernur NTB Berbalas Pujian

Pakar tafsir Alquran M Quraish Shihab dan Gubernur NTB Zainul Majdi dalam Silaturahim Nasional Alumni al-Azhar
Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Pakar tafsir Alquran M Quraish Shihab dan Gubernur NTB Zainul Majdi dalam Silaturahim Nasional Alumni al-Azhar

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM— Gubernur Nusa Tenggara Barat M Zainul Majdi terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni al-Azhar Mesir Cabang Indonesia (IAAI) menggantikan M Quraish Shibab. Sementara berdasarkan kesepakatan Quraish didaulat sebagai ketua kehormatan (rais syaraf).

Terpilih melalui mekanisme penunjukkan oleh Quraish Shihab, prosesi pemilihan yang berlangsung dalam Silaturahim Nasional IAAI, di Islamic Center NTB, Mataram, Rabu (18/10) malam itu menyisakan cerita keteladanan. Ihwal bagaimana bersikap tawadhu yang diteladankan oleh dua tokoh tersebut. 

“Kalau harus lewat penunjukkan maka bismillah saya tunjuk al-akh, Zainul Majdi,” kata pakar tafsir Alquran ini disambut dengan pekikan takbir para peserta. 

Menurut Quraish, pertimbangan itu tidak hanya dilandasi sosok Gubernur NTB yang energik, tetapi juga faktor keilmuannya yang tak lagi diragukan. Dalam kesempatan itu pula, Quraish mengutarakan bahwa dirinya sudah memimpin IAAI selama kurang lebih tujuh tahun. 

“Angka tujuh itu sempurna. Alquran menyebut angka tujuh akan segera diikuti angka delapan, tetapi saya cukup di angka tujuh saja,” tutur dia yang disambut kembali dengan riuh peserta. 

Merasa dirinya belum pantas menggantikan Quraish, Zainul Masjid juga tak tinggal diam. Bagaimanapun berjalannya IAAI selama ini tak terlepas dari keberadaan beliau sebagai penggerak (muharrik)

“Bismillah fihi isykal (bismilllah, ada catatan dari penunjukkan ini). Pengganti itu dalam Alquran adalah lebih baik. Wa ana lastu khairan minhu (saya bukan lebih dari beliau). Bahkan jauh sekali maqamnya,” kata peraih gelar doktor di bidang tafsir Alquran Universitas al-Azhar Mesir ini yang disambut tawa para hadiri. 

Dia pun kembali meminta Quraish menjelaskan maksud dari penunjukkan tersebut. Quraish meyakinkan IAAI membutuhkan kehadiran anak-anak muda yang visioner. Setelah mendapatkan penjelasan dan permintaan peserta, Zainul pun akhirnya menerima penunjukkannya sebagai Ketua Umum IAAI. “Kalau sudah melihat ekspresi beliau (Quraish), bahaya kalau ditolak,” kata dia yang diikuti gelak tawa hadirin. 

Silaturahim Nasional Alumni al-Azhar dirangkai dengan kegiatan Konferensi Internasional bertemakan “Moderasi Islam: Dimensi dan Orientasi”. 

Hadir dalam konferensi ini  40 delegasi mancanegara dan perwakilan alumni al-Azhar dari berbagai daerah di Indonesia. Hari ini, Kamis (19/10) Presiden Joko Widodo dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan hadir memberikan pengarahan.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement