Kamis 19 Oct 2017 03:13 WIB

Kiprah Muslim dalam Industri Hiburan AS

Rep: Taufik Alamsyan Nanda/ Red: Agus Yulianto
Aktris Tala Ashle memerankan karakter superhero muslim di serial terbaru DC.
Foto: comicsblog.fr
Aktris Tala Ashle memerankan karakter superhero muslim di serial terbaru DC.

REPUBLIKA.CO.ID, Baru baru ini diberitakan bahwa akrtis muslim Hollywood, Tala Ashe akan bermain dalam film seri terbaru DC berjudul 'Legends of Tomorrow'. Ashe merupakan aktris keturuan Iran-Amerika.

Dalam sebuah pernyataannya, Ashe bertekad untuk membangun citra positif muslim Amerika melalui industru Hollywood. Citra positif tersebut tidak hanya dibangun karena keberadaan seorang Muslim di Hollywood, tetapi juga karakter yang ia perankan memiliki nilai-nilai positif yang bisa ditonton oleh publik.

"Muslim di negeri Paman Sam terhitung minoritas. Tidak terkecuali di dalam industri hiburan dan Hollywoodd secara khusus. Maka dari itu, keberadaan seorang Muslim akan sangat menarik perhatian dan penting untuk disimak, terkait dengan kiprah mereka sebagai minoritas," kata Ashe, Rabu (18/10).

Dengan jumlah yang minoritas, muslim di industri hiburan AmerikaSerikat semakin terdiskrimansi karena bayak stereorip negatif yang menimpamereka. Salah satunya adalah kisah dan karakter yang seringkali menggambarkan muslim sebagai sosok jahat di dalam film Hollywood. Contohnya saja dalam film Homeland, 24 dan Argo.

Menurut sebuah jajak pendapat TIME pada 2010, 62 persen orang Amerika mengaku belum pernah bertemu dengan seorang Muslim. Sebagian besar informasi dan persepsi tentang muslim mereka dapat kandari program televisi dan film di layar lebar. Sehingga bagi warga Amerika ini, pengetahuan mereka tentang islam berasal dari serangan terbaru ISIS, karakter miliader Saudi yang ditampilkan Adam Sandler dalam film Click dan nyanyian pembom bunuhdiri sebelum dia meledak.

Banyak pihak merasa bahwa keberadaan talent muslim dalam dunia hiburan di Amerika semakin dibutuhkan. Keberadaan mereka akan sangat bermanfaat untuk memberikan citra positif dan menjadi representatsi muslim Amerika.

"Saya pikir tidak peduli apalatar belakang Anda, Anda harus mencoba menceritakan kisah Anda," ujar komediandan aktor Iran-Amerika Maz Jobrani kepada bustle.com melalui keterangan tertulis. "Ada yang baik dan buruk di semua komunitas, tapi bila Anda tidak menceritakan kisah Anda sendiri, maka hanya kabar buruk yang akan berseliweran di luar sana. Saya berpikir bahwa jika umat Islam dan orang lain dari penjuru dunia mulai bercerita lebih banyak di Hollywood, itu akan tolong bantulah stereotip negatif yang dimiliki masyarakat sekarang ini. "

Public hanya mengenal beberapa nama muslim di dunia hiburan Amerika. Namun sesungguhnya ada banyak muslim lainnya yang juga meramaikan dunia hiburan di Amerika. Mereka tidak hanya berkecimpung di Hollywood, tetapi juga di idustri musik dan olahraga. Beikut diantaranya beberapa insan hiburan beragama islam yang mewarnai industri hiburan di Amerika.

Mos Def

Rapper asli Brooklyn, New Yorkini adalah seorang muslim yang vocal terhadap isu sosial. Ia merupakan salah satudari hanya beberapa artis hip hop yang berhasil menampilkan keyakinan agamanyake dalam musik mainstream. Lirik  pertamadi album paling hitsnya, "Black on Both Sides" adalah kalimat"Bismillah ar-Rahman ar-Raheem".

"Anda tidak akan menjalanihidup tanpa menyembah sesuatu," katanya pada Beliefnet pada tahun 2001."Anda akan menjalani kehidupan enah demi pekerjaan atau hasrat Anda. Namuncara terbaik untuk menghabiskan hidup Anda adalah dengan mencoba mengabdikan diri untuk beribadah, kepada Allah. "

Ellen Burstyn

Aktris Ellen Burstyn adalah satu dari sedikit orang, yang pernah memenangkan Triple Crown of Acting (Oscar, Emmydan Tony). Dia memiliki 150 kredit film dan kredit teater yang tak terhitung jumlahnya. Burstyn dibesarkan sebagai Katolik, tapi sekarang dia menganggap dirinya terbuka terhadap kebenaran semua agama, mempraktikkan kombinasi antara Islam Sufi, Hinduisme, Budha dan Kekristenan.

Pada tahun 2006, dia mengatakan, "Saya pergi ke Eropa dan saya mendaki Pegunungan Alpen dan pergi ke sebuahkamp sufi yang dilakukan oleh Pir Vilayat Kahn. Saya diinisiasi di sana ... Ada doa sufi yang saya katakan sangat sering. 'Oh Engkau, penopang tubuh, hati, dan jiwa kita, berkatilah semua yang kita terima dengan rasa syukur.' "

sumber : cbsnews.com/bustle.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement