Sabtu 14 Oct 2017 23:41 WIB
Belajar Kitab

Kunci Mengungkap Munasabat Alquran

Rep: Nashih Nasrullah/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Syekh Muhammad Abdullah Darraz, guru besar Ilmu Tafsir pada Univeritas Al-Azhar, Kairo. Syek Darraz telah menulis kitab yang bertajuk An-Naba' al-Azhim. Kitab yang dikarang tokoh kelahiran Deyai, Provinis Kafr El Syekh, Mesir, 8 November 1894, itu merupakan hasil kumpulan materi kuliah yang disampaikannya kepada mahasiswa Fakultas Ushuluddin Jurusan Ilmu Tafsir Univeristas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Syekh menekankan sejumlah poin penting yang perlu diperhatikan untuk mengungkap munasabat Alquran. Ia mengingatkan bahwa kunci penting untuk memahami korelasi itu tidak cukup ditempuh dengan menangkap keterkaitan tema yang ada pada surah satu dengan lainnya.

"Tetapi, lebih dari itu, mereka yang hendak mendalami dan menelusuri munasabah Alquran harus menyisir satu per satu bagian yang terdapat dalam Alquran," tutur Syekh Darraz. Menurut dia, hal itu meliputi makna di setiap bagian surah, tujuan dan inti surah, termasuk rahasia di balik penjelasan bagian yang dimaksud.

Syekh Darraz meminta kepada mereka yang tidak dapat menemukan rahasia di balik ayat, huruf, ataupun surah tatkala mempelajari munasabah Alquran agar tidak tergesa-gesa membuat kesimpulan prematur. Menurut dia, kerendahan hati penting untuk dijaga.

Apabila dalam proses pencarian itu tidak bisa menemukan, bersikaplah dewasa dan tetap menjaga etika ilmiah. "Cukup mengatakan wallahu alam bi asrarihi (Allah Mahatahu atas rahasia yang di balik makna itu)," ujar Syekh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement