Ahad 08 Oct 2017 21:45 WIB

Berburu Makanan Halal di Korea, Sulitkah?

Rep: mgrol98/berbagai sumber/ Red: Agung Sasongko
Bulgogi, salah satu makanan halal asal Korea
Foto: Foxnews
Bulgogi, salah satu makanan halal asal Korea

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Saat ini Korea Selatan menjadi negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri. Kepopuleran budaya Korea menjadi salah satu faktornya. Banyak wisatawan yang datang ke Korea untuk berwisata di Negeri Ginseng tersebut. Termasuk, wisatawan Muslim.

Harus diakui, banyak pertanyaan dikalangan wisatawan Muslim terkait masalah makanan. Sulitkah mencari makanan halal di sana?

Jangan khawatir, banyaknya populasi wisatawan Muslim, di Korea Selatan sudah banyak bisa kita temui berbagai restoran yang halal bagi Muslim. Kebanyakan dari mereka yang membuka restoran adalah Muslim, tetapi ada juga yang tidak.

Mereka membuka restoran Halal dengan mengikuti aturan dari budaya Islam. seperti tidak memakai daging Babi dalam masakan. Mereka memakai daging halal (daging sapi atau domba yang disembelih sesuai dengan aturan Islam) dan juuga tidak menyediakan minuman keras.

 

Di dekat Masjid utama Seoul yang terletak di Itaewon terdapat beberapa restoran halal yang dapat dikunjungi. Terdapat sejumlah restoran muslim seperti restoran India, Pakistan, Turki, dan Arab. Seperti, testoran Dubai , Restoran bergaya Arab.

Makanan di restoran ini disajikan khusus oleh para chef dari Dubai, sehingga mampu menarik para pengusaha Korea untuk menghibur para klien asal Timur Tengah. Beragam hidangan domba seperti : kebab Dubai, dan hidangan mewah khas Dubai tersedia di restoran ini. Para pengunjung restoran juga dapat menikmati Shisha (pipa air) yang terbuat dari buah apel, stroberi, bunga mawar.

Juga ada restoran Internasional Usmania, Usmania adalah restoran Pakistan yang memperlihatkan nuansa ranah Pakistani y ang otentik dalam bentuk makanan dan juga interiornya. Menu yang disajikan berjumlah sekitar 100 macam hidangan yang terbuat dari roti gandum, domba, daging sapi dan daging ayam.

Di dalam restoran Anda akan menemukan dekorasi khas Pakistan yang bervariasi, seperti Shishas tradisional (water pipes) dan karpet sutra. Hidangan Kebab daging sapi dan Tandoori ayam adalah menu favorit yang digemari oleh pengunjung orang Korea.

Arabesque, Restoran Arabesque terletak dekat dengan Incheonhang Port. Restoran ini menyajikan kebab Turki, kari India, daging ayam tandoori, naan, dan makanan halal lainnya. Restoran ini populer di kalangan orang Arab yang tinggal di Incheon.

Samarkand adalah restoran Uzbekistan yang menyajikan hidangan populer khas Uzbekistan, antara lain: sate daging domba dan daging sapi yang dinamai shashlik (шашлык), roti tradisional lepyoshka (лепёшка), samsa (patty yang diisi dengan daging), dan juga salad wortel. 

Shabana, Shabana adalah restoran tradisional India. Restoran Shabana terletak di luar kampus Busan University, dan termasuk sebagai salah satu area perdagangan yang sibuk di Busan. Restoran ini menyediakan berbagai-macam menu tandoori, makanan penutup dari sayuran, dal (sup kacang pedas tradisional), daging ayam, daging domba, dan nasi khas India yang dikenal dengan sebutan nasi biryani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement