Sabtu , 23 September 2017, 08:23 WIB

Semarakkan Tahun Baru Islam Warga BSI Depok Gelar Nobar

Red: Andi Nur Aminah
Andi Nur Aminah/Republika
Puluhan warga Perumahan Bukit Sawangan Indah, Bojongsari, Depok menggelar nonton bareng film bertema hijrah menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H, Jumat (22/9)
Puluhan warga Perumahan Bukit Sawangan Indah, Bojongsari, Depok menggelar nonton bareng film bertema hijrah menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H, Jumat (22/9)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Beragam cara dilakukan kaum Muslim untuk menyambut masuknya Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H. Puluhan warga khususnya di RT 16/RW 05 Perumahan Bukit Sawangan Indah, Depok pun tak mau melewatkan momentum tersebut dengan menggelar berbagai acara yang positif.

Pada Jumat (22/9) malam, puluhan warga mulai dari anak-anak, para ibu dan bapak warga di kompleks tersebut berkumpul di depan 'Saung Serbaguna'. Mereka berkumpul untuk menyaksikan pemutaran film animasi bertema Hijrah. Acara nontin bareng (nobar) tersebut disambut antusias oleh warga terutama anak-anak. Sejak lepas Magrib, mereka sudah berkumpul menunggu acara nobar meski sudah dijadwalkan akan dimulai selepas waktu shalat Isya.

Sebelum pemutaran film pun, dilaksanakan pembagian hadiah kepada peserta lomba, di antaranya lomba baca doa harian, lomba menghafal surah pendek, dan lomba azan. Lomba diikuti oleh puluhan anak-anak yang bermukim di perumahan tersebut dan dikoordinir oleh sejumlah mahasiswa STEI SEBI, Depok.

Nobar film Hijriah merupakan puncak acara yang mengambil tema Malam Puncak Muharam Ceria. Selain berbagai lomba, di malam sebelumnya juga dilaksanakan pawai obor yang diramaikan oleh warga di perumahan tersebut. Pembina TPA Rumah Quran Al Ihzah, Teddy Darussalam mengatakan, kegiatan yang bisa mengajak anak-anak dan warga berkumpul saat menyambut Tahun Baru Islam ini digelar setiap tahun. "Alhamdulilah kita bisa melakukan acara positif, berkumpul bersama daripada melakukan acara-acara yang tidak jelas," kata Teddy, Jumat (22/9).

Dia berharap kegiatan serupa di tahun-tahun mendatang akan lebih berfariasi dan lebih semarak lagi. Acara nobar ini sendiri, Teddy mengatakan, melibatkan seluruh warga dan anak-anak di perumahan itu. Pembinaan dan perekrutan anak-anak agar mau bergabung bersama di TPA memang menjadi salah satu tujuan acara ini. "Peserta lomba mungkin hanya 35-an anak. Tapi yang hadir di acara nobar ini cukup banyak. Semoga saja yang hadir di sini, nantinya bisa bergabung dan meramaikan TPA yang kita bina," ujarnya.