Kamis , 21 September 2017, 02:34 WIB

Ponpes Latansa Gelar Pelatihan Menulis dan Jurnalistik

Red: Irwan Kelana
Dok Republika Penerbit
Suasana pelatihan menulis dan jurnalistik di Ponpes Latansa Lebak, Banten, Sabtu (16/9).
Suasana pelatihan menulis dan jurnalistik di Ponpes Latansa Lebak, Banten, Sabtu (16/9).

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK  -- Ponpes Latansa bekerja  sama  dengan Republika Penerbit   kembali mengadakan pelatihan menulis dan jurnalistik untuk para santrinya. Kegiatan tersebut diadakan di Ponpes Latansa, Lebak, Banten, Sabtu (16/9).

“Kegiatan ini merupakan  program  unggulan Ponpes Latansa untuk  membiasakan  santri  menulis,  agar  kelak  santriwan dan santriwati kami bisa  menjadi  penulis  Muslim dan muslimah yang  handal.  Apalagi saat mereka nanti terjun  di dunia luar.  Program  latihan menulis dan jurnalistik tersebut  akan selalu  diadakan  minimal satu  tahun  sekali,” kata Pengasuh Ponpes Latansa KH Adrian.

Pada pelatihan kali ini, yang menjadi nara sumber adalah General Manager (GM) Redaksi Republika Penerbit, Syahruddin El-Fikri. Ia adalah wartawan Republika dan juga penulis sejumlah buku best seller.  

“Para  santri sangat  antusias mengikuti pemaparan yang diberikan oleh Syahruddin.  Terbukti, saat diberikan waktu 15 menit untuk menulis, mereka bisa menulis sampai dua halaman.  Sungguh luar biasa kegigihan  para  santri dalam  mengikuti  pelatihan  tersebut, kata staf marketing Republika Penerbit, Muhammad Nasir.

Setelah pelatihan menulis dan jurnalistik pada Sabtu pagi, pada  siang hari  dilanjutkan dengan  sesi motivasi yang dipimpin langsung  oleh Kiai Adrian.  Acara terus berlanjut hingga malama hari berupa bedah buku Lost in Pesantren,  yang langsung  dibedah oleh  penulisnya, Ustaz Saeful Bahri. Buku tersebut diterbitkan oleh Republika Penerbit.