Kamis , 21 September 2017, 00:27 WIB

Sambut 1 Muharram, Wabup Bandung Ajak Umat Lebih Unggul

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
dok istimewa
Pawai obor dan khataman Alquran sambut 1 Muharram (Ilustrasi)
Pawai obor dan khataman Alquran sambut 1 Muharram (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan mengajak, seluruh umat Islam di Indonesia bersatu untuk menjadi umat yang unggul. Sekaligus menyambut tahun baru Islam 1439 hijriah yang jatuh pada Kamis (21/9), 1 muharram diharapkan menjadi momentum untuk lebih baik.

"Mari kita maknai Tahun Baru Islam 1439 hijriyah ini sebagai momentum untuk terus berbenah diri kearah yang lebih positif," ujarnya, Rabu (20/9).

Katanya, tanggal 1 bulan Muharram dalam sejarah Islam merupakan peristiwa penting. Menurutnya, peristiwa ini terjadi saat dimana Rasulullah saw melakukan hijrah dari Mekah menuju Madinah bersama pengikutnya, setelah melewati tahun duka cita yang sungguh panjang, serta gempuran boikot dari kaum Quraisy.

Gun Gun menuturkan, peristiwa hijrah tersebut dilakukan, dengan tujuan mendapatkan keadaan yang lebih baik bagi umatnya dan dakwahnya. Katanya, semangat Tahun Baru harus dijadikan momentum untuk meningkatkan amal ibadah, memperkuat ukhuwah, melupakan perbedaan dan menemukan persamaan.

"Kita harus bersatu menjadi umat yang unggul," katanya. Selain itu, Gun Gun mengatakan, tahun baru 1439 hijriah harus diisi dengan acara yang tetap menjaga torehan prestasi yang lebih baik.

Sementara Pemerintah Kabupaten Bandung menyelenggarakan shalat Ashar berjamaah dan khataman Alquran dilanjutkan doa bersama akhir tahun 1438 H dan doa bersama awal tahun 1439 H di Masjid Al Fathu, Kabupaten Bandung. Serta Gebyar Tahun Baru Islam 1439 H, Kabupaten Bandung Berdzikir dan Bershlawat, di Dome Bale Rame, Soreang, Kabupaten Bandung.