Selasa 19 Sep 2017 20:15 WIB

Dwiki Apresiasi Konser Simfoni Negeri Berkemajuan

Rep: Eric Iskandarasyah Z/ Red: Agung Sasongko
Dwiki Dharmawan
Foto: dwiki.com
Dwiki Dharmawan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Musisi Dwiki Dharmawan mengapresiasi penyelenggaraan Konser Simfoni Negeri Berkemajuan yang digelar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, "Ini merupakan acara yang sangat baik," kata dia, dalam Jumpa Pers bersama wartawan di Sportorium UMY, Yogyakarta, Selasa (19/9).

Menurutnya, pada era saat ini terdapat penurunan perhatian dari pemuda terhadap kecerdasan budaya, dan UMY ternyata juga sangat memperhatikan hal tersebut. "Karena saat ini saya katakan bahwa banyak anak muda yang tidak mengenal keberagaman budaya. Karena itu diplomasi budaya sebenarnya tidak hanya digunakan saat kita melakukan diplomasi dengan orangluar negeri tapi juga untuk dalam negeri dan ini bisa menjadi sebuah ajang untuk menyampaikan pesan lewat budaya. Apalagi ditambah dengan penggalangan dana untuk Rohingnya menjadikan konser ini begitu mulia,"ungkapnya.

Dwiki mengungkap, sekitar 90 persen dari total keseluruhan pemain musik yang akan berkolaborasi adalah berasal dari lingkungan Muhammadiyah yang berada di Yogyakarta. Kolaborasi tersebut terdiri dari 100 orang sebagai paduan suara dan 60 orang musisi.

"Ini sangat luar biasa karena saya hanya membawa beberapa musisi sebagai bagian dari orkestra ini dan mayoritas adalah dari Yogyakarta. Bahkan mereka sudah lathian sebelum saya ke sini,"tuturnya.

Sebelum Konser Simfoni Negeri Berkemajuan digelar, Dwiki juga telah sering menggelar berbagai konser di dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka membawa pesan perdamaian dan memberikan hasil yang luar biasa. Berbagai konser yang telah digelar oleh Dwiki tersebut dianggap sebagai sebuah perjalanan spiritual pribadinya.

"Pada tahun 2006 saya pernah menyelenggarakan sebuah konser bertajuk Simfoni Menembus Batas dan penontonnya sangat luar biasa. Itu menunjukan bahwa terdapat kerinduan dari masyarakat tehadap musik-musik spiritual. Di lain waktu juga pernah saya menggelar konser lain bertajuk Spiritual Symphoni yang juga berbarengan dengan peresmian Halal Expo, penontonnya pun luar biasa sangat antusias. Selain dari membawa pesan perdamaian dan kerinduan masyarakat saya juga ingin menyampaikan rasa syukur saya lewat musik, tambahnya.

Adapun konser orkestra yang akan digelar di Sportorium UMY pada Kamis malam (21/9) ini juga menghadirkan artis Ibu Kota seperti Ita Purnamasari dan Fatin Shidqia Lubis, serta artis asal Aceh Rafli Kande, yang terkenal dengan Soundtrack lagu dalam film Hafalan Shalat Delisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement