Selasa 19 Sep 2017 15:31 WIB

Agar Menjadi Manusia yang Paling Baik

Alquran
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Proses untuk bisa mengamalkan ini dapat dipahami dengan cara menjadikan setiap aktivitas kita sesuai dengan tuntunan Alquran, baik dalam urusan duniawi maupun ukhrawi.

Di antara aktivitas yang bisa dilakukan sebagai bentuk dari pengamalan Alquran, misalnya, menghargai waktu, menjaga hubungan baik dengan tetangga, tidak berlebih-lebihan dalam berperilaku, dan berusaha untuk menghindari transaksi ribawi.

Langkah-langkah untuk bisa mengamalkan Alquran merupakan kegiatan yang Rasulullah SAW sebutkan agar menjadi manusia yang paling baik. Sebagaimana dalam sebuah sabdanya: "Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya (mengamalkannya)." (HR Bukhari).

Maka, melalui penjelasan di atas, sudah saatnya setiap kaum Muslimin bisa menjadikan Alquran sebagai sahabat sejatinya, yaitu dengan berakhlak sebagaimana akhlak Alquran, menerapkan manajemen hidup sebagaimana manajemen Alquran, cara bergaul ala Alquran dan semua urusan yang senantiasa disandarkan kepada nilai-nilai Alquran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement