Kamis , 14 September 2017, 19:15 WIB

Memanfaatkan Usia Muda di Jalan Kebaikan

Red: Agung Sasongko
Pemuda Muslim
Pemuda Muslim

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Satu dari tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan dari Allah adalah pemuda yang menyibukkan diri di jalan Allah. Penegasan tersebut seperti tertuang dalam hadis Rasulullah SAW riwayat Abu Hurairah yang dinukilkan oleh Bukhari dan Muslim. Hal ini menarik. Pasalnya, masa muda ibarat pisau bermata dua.

Dia bisa dimanfaatkan untuk menciptakan hal-hal positif, tapi bisa juga menjerumuskan orang pada kerusakan hingga hari tua. Karena itu, pada awal masa kenabian, Rasulullah benar-benar mendidik para sahabatnya yang rata-rata masih muda untuk menjadi generasi tangguh.

Pemuda adalah pemegang tongkat estafet bagi kelangsungan dakwah Islam. Ada banyak hadis menekankan pentingnya memanfaatkan masa muda. Rasulullah bersabda, "Tidak tergelincir dua kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai Allah menanyakan empat hal: umurnya untuk apa dihabiskan, masa mudanya bagaimana digunakan, hartanya dari mana didapatkan dan untuk apa dibelanjakan, serta ilmunya bagaimana diamalkan." (HR Tirmidzi).