Kamis 14 Sep 2017 14:10 WIB

Memahami Alquran

 pengajian yang digelar Ikatan Keluarga Jamaah Haji Indonesia (IKJHI) di Hongkong.
Foto:

Setelah mengucapkan Salam, Tahmid, Sholawat dan Dua Kalimat Syahadat, saya menyampaikan sebuah Hadis Nabi Muhammad SAW tentang keutamaan majlis ilmu, yakni: Nabi SAW bersabda, ''Apabila kalian berjalan melewati taman-taman Surga, perbanyaklah berzikir.''

Para sahabat bertanya, ''Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud taman-taman surga itu?'' Nabi menjawab, ''Yaitu halaqah-halaqah zikir (majelis ilmu).'' (HR at-Tirmidzi (no. 3510), Ahmad (III/150), dari Shahabat Anas bin Malik ra.

Majelis taklim  adalah taman di surga. Taman senantiasa menghadirkan suasana yang nyaman. Apalagi taman surga, pasti di dalamnya tersedia makanan yang lezat dan enak, minuman yang segar, suara yang merdu, baik dari hewan pohon maupun manusia.

Perkataannya selalu baik benar dan indah. Di taman surga tidak ada perkataan yang sia-ia dan tidak bermanfaat. Taman surga isinya zikir dan Alquran dan semuaa ibadah yang berakhir dengan surga sebagai ganjarannya. Maka siapa pun yang datang ke majlis dzikir dan majlis ilmu, sama dengan mendatangi taman surga, dan ia pasti beruntung.

Ibadah haji yang mabrur akan dapat surga.  Sebagaimana dinyatakan dalam Hadis Rasulullah SAW. “Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wasallam bersabda: ” ‘Umrah -yang satu- bersama (hingga ke) ‘umrah -yang lain- merupakan kaffarat (penghapus dosa) bagi (dosa yang telah dilakukan) diantara keduanya. Sedangkan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya selain surga “. (H.R. Muslim, no. 2403 dalam kitab al-Hajj, bab: Fadhl al-Hajj wal ‘Umrah wa yaumi ‘Arafah )

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement