Jumat 28 Oct 2011 09:00 WIB

Nama Sriwijaya tak Identik Islam, Nama Masjid Raya Jakabaring pun Disayembarakan

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
Foto: www.seagames26th.blogspot.com
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG - Nama masjid raya, yang direncanakan akan dibangun di kawasan Jakabaring, semula diusulkan akan diberi nama Masjid Raya Sriwijaya. Namun karena tak berbau Islam, pemprov Palembang kini membuat sayembara untuk nama masjid raya tersebut.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Sumsel, Thohlon Abdul Rauf, mengatakan pihaknya ingin nama tempat ibadah itu benar-benar mencerminkan Islam.

''Hal ini karena pernah diusulkan nama masjid termegah itu Masjid Raya Sriwijaya,'' kata dia. ''Namun bila mengambil nama Sriwijaya, terkesan masjid tersebut bukan hanya milik agama Islam. Karena, kerajaan Sriwijaya mayoritas non muslim.''

Karena alasan tersebut, pihaknya mengusulkan kepada Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, supaya nama masjid tersebut disayembarakan. Gubernur sangat setuju atas usulan tersebut. Pihaknya siap memprogramkan sayembara untuk nama masjid raya di kawasan Jakabaring Palembang itu.

Keberadaan masjid raya yang belum punya nama itu diharapkan akan meningkatkan ketaqwaan umat Islam Palembang. Masyarakat kota pempek ini sebelumnya sudah memiliki Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. ''Masjid tersebut tetap dimakmurkan karena sudah menjadi aset nasional, kata Thohlon.

Sumsel akan membangun masjid raya di kawasan Jakabaring. Masjid tersebut direncanakan peletakan batu pertamanya dilaksanakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelum pembukaan SEA Games 2011.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement