Ahad 10 Sep 2017 17:24 WIB

Menggiatkan Shalat Isyraq, Memburu Pahala Haji dan Umrah

Ratusan anak-anak melakukan shalat Dhuha berjamaah (Ilustrasi)
Foto: republika/rahmat fajar
Ratusan anak-anak melakukan shalat Dhuha berjamaah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alhamdulillah, jamaah haji dari penjuru dunia sudah mulai berangsur pulang ke Tanah Air. Itu artinya, musim haji telah usai. "Mari kita do’akan semoga saudara-saudara kita yang telah menunaikan ibadah haji, dijadikan haji yang mabrur dan mabrurah. Aamiin. Untuk kita yang belum berhaji, ada kabar gembira dari Rasul agar kita mendapatkan pahala haji dan umrah yang sempurna," kata Humas Daarul Quran yang diterima Republika.co.id, Ahad (10/9).

Dia pun mencontohkan hadis dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah, lalu duduk berdzikir (mengingat) Allah sampai matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.”

(HR. Tirmidzi)

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan duduk menetap di tempat shalat, setelah shalat shubuh berjamaah, untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian melakukan shalat dua rakaat (shalat Isyraq).

Tata sara pelaksanaan shalat Isyraq : 1, Shalat isyroq dilakukan sebanyak dua raka’at. Gerakan dan bacaannya sama dengan shalat-shalat lainnya. 2, Shalat isyroq disyariatkan bagi orang yang melaksanakan shalat jama’ah shubuh di masjid lalu ia berdiam untuk berdzikir hingga matahari terbit, lalu ia melaksanakan shalat isyroq dua raka’at.

   

"Ketika berdiam di masjid dianjurkan untuk berzikir. Zikir di sini bentuknya umum, bisa dengan membaca Alquran, membaca zikir, atau lebih khusus lagi membaca zikir pagi," ujarnya.

   

Waktu shalat isyroq sebagaimana waktu dimulainya shalat Dhuha yaitu mulai matahari setinggi tombak, sekitar 15-20 menit setelah matahari terbit. "Semoga Allah memudahkan kita untuk selalu menghidupkan sunnah yang mulia ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement