Rabu , 23 August 2017, 11:54 WIB

Perjuangan Nyai Ahmad Dahlan Populerkan Jilbab

Red: Agung Sasongko
Dok. Pribadi
Ustaz Fahmi Salim (Kanan).
Ustaz Fahmi Salim (Kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oleh: Ustaz Fahmi Salim

Nyai Ahmad Dahlan salah satu perintis jilbab di Indonesia. Zaman dulu hanya pakai kerudung yang dikalungkan, lama kelamaan bertransformasi menjadi jilbab Besar seperti sekarang ini.

Ini perjuangan tidak mudah mengenalkan jilbab bagi perempuan di zaman penjajahan yang masih terbelakang pendidikan.  Simak perjuangan Nyai Ahmad Dahlan dalam memberantas ketertinggalan pendidikan perempuan di jaman penjajahan.

Kaum hawa sangat disarankan nonton film ini untuk lebih menghargai jasa pahlawan mereka. Buat para pria silahkan ajak ibu dan istri agar semakin semangat berdakwah.

Film "Nyai Ahmad Dahlan" tayang serentak di bioskop mulai 24 Agustus 2017.Ajak temen-temen nonton ya..

Nyai Ahmad Dahlan, Potret Istri Teladan "Ambillah kangmas, " kata Walidah, istri Kiai Ahmad Dahlan menyodorkan perhiasan yang ia punya.

"Tidak usah," elak Kiai Dahlan yang saat itu butuh uang untuk mendirikan sekolah Islam.

Dari sinilah lahir ribuan lembaga MD.

Keikhlasan dan pengorbanan dalam memperjuangkan cita-cita besar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa itulah nilai yang harus kita teladani dan praktekkan dalam membangun bangsa dan negara ini. Terlebih tontonan ini bertepatan dengan momen Idul Adha dan HUT RI ke-72.

Pengorbanan Ibrahim, Hajar, dan Ismail, harus menjadi spirit dan nafas bangsa untuk memberikan yg terbaik kepada maslahat bangsa dan agama.