Sabtu , 19 August 2017, 12:46 WIB

Milad FPI Momentum Tingkatkan Kerukunan Antaragama

Rep: Fuji E Permana/ Red: Andi Nur Aminah
Mahmud Muhyidin
Massa Front Pembela Islam
Massa Front Pembela Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Musyawarah Antar Gereja-Lembaga Keagamaan Kristen (Bamag LKK) Indonesia menghadiri Milad Front Pembela Islam (FPI) ke-19 di Stadion Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu (19/8). Bamag LKK berpesan, jangan sampai jarak atau kekosongan antar umat beragama dimanfaatkan oleh kepentingan tertentu.

Ketua Umum Bamag LKK Indonesia, Agus Susanto mengatakan, kerukunan antar umat beragama harus ditingkatkan agar kekosongan atau jarak antarumat beragama tidak dimanfaatkan oleh kepentingan tertentu. Milad FPI merupakan momentum untuk meningkatkan kualitas kerukunan antar umat beragama yang ada di Indonesia.

"Agar jarak antara umat beragama tidak diisi oleh kepentingan-kepentingan yang dapat mengganggu hubungan antar umat beragama, khususnya umat kristen dengan FPI," kata Agus kepada Republika.co.id di Stadion Kamal Muara, Sabtu (19/8).

Ia menyampaikan, persaudaraan sejati antara umat Kristen dan FPI bisa berlanjut demi kepentingan Bangsa Indonesia ke depan. Umat kristen mengajak semua pihak untuk meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama. Juga mengajak untuk meningkatkan perjuangan demi menjaga NKRI yang berdasarkan Pancasila.

Bamag LKK juga berpandangan, hubungan mereka dengan FPI sampai saat ini berjalan baik. Hanya saja ada pihak yang ingin menciptakan jarak antara umat Kristen dan FPI. "Selama ini FPI berhubungan dengan kami sangat baik, makanya tadi saya sampaikan ada jarak, jarak itu sengaja dibikin oleh kepentingan-kepentingan tertentu," ujarnya.

Agus menerangkan, jarak atau ruang kosong itulah yang dimanfaatkan oleh kepentingan lain. Tujuannya untuk mengadu antar umat beragama sehingga pada akhirnya akan menghilangkan NKRI. Padahal, kenyataannya umat kristen dengan FPI tidak ada masalah.  

Acara Milad FPI dimulai sekitar pukul 03.00 WIB dengan melaksanakan Shalat Tahajjud dan Subuh berjamaah. Juga digelar acara doa bersama untuk negeri, pentas seni Islam, parade laskar dan ceramah agama serta kegiatan yang lainnya. Sejumlah tokoh umat agama lain menghadiri acara Milad FPI tahun ini.