Kamis 10 Aug 2017 16:49 WIB

Rahasia Cupink Topan, Imam Gimbal, Bisa Fasih Baca Alquran

Rep: Muhyiddin/ Red: Teguh Firmansyah
Cupink Topan.
Foto:
Alquranul Karim (ilustrasi)

Karena begitu cintanya terhadap Alquran, ia tak puas hanya sekedar bisa saja. Akhirnya, sejak sekolah di SMK Tidore jurusan akuntasi ia pun belajar qiro'ah, ilmu tentang cara membaca Alquran dengan baik.

Setelah belajar sekitar sebulan, ia pun sering disuruh untuk menjadi imam shalat di sekolahnya tersebut. “Dari zaman sekolah sudah pernah jadi imam, biasanya shalat Dzuhur dan Ashar,” ucapnya.

Setelah lulus sekolah, Topan kemudian melanjutkan pendidikannya ke Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan. Saat itu, ia sebenanrya ingin kuliah di jurusan Ekonomi Islam, tapi ternyata ia diterima di Pendidikan Bahasa Arab.

Pada awal-awal semester, Topan masih betah kuliah di jurusan Bahasa Arab tersebut. Namun, lambat laun Topan merasa kewalahan lantaran harus presentasi dengan menggunakan Bahasa Arab. Ia pun mencoba pindah jurusan, tapi karena proses pengurusan pindah jurusan sangat lama akhirnya pada tahun 20016 ia memutuskan untuk berhenti kuliah.

“Tapi dengan catatan saat itu, walaupun saya gagal di bidang di pendidikan, tapi saya tidak mau gagal di bidang yang lain. Saya kemudian mencoba bikin suatu mimpi yang jauh lebih besar,” kata Topan.

Setelah itu, ia mencoba untuk mengikuti salah satu ajang pemilihan model dan ia pun terpilih sebagai juara terfavorit untuk perwakilan wilayah Makassar. Dengan hanya bermodalkan keberanian, ia pun memberanikan diri hijrah ke Jakarta.

“Awal 2006 itu saya pertama kali menginjak Jakarta. Dan waktu di Jakarta tidak ada satu pun teman yang saya tahu. Saya ke sini cuma nebeng doang dan modalnya berani,” jelas pria kelahiran 9 Desember 1982 ini.

Saat kuliah, Topan sempat bermain teater dalam pentas teater berjudul Kertas Kosong yang dibuat oleh Himpunan Pelajar Indonesia Nuku Makassa (HIPMIN). Di kampun UIN itu lah ia juga belajar teknik pernapasan, olah vokal, intonasi, aksi, reaksi, dan juga improvisasi, sehingga ia bisa terjun ke dunia peran seperti saat sekarang ini.

Sampai saat ini, Topan telah bermain dalam film laga yang sempat booming pada tahun 2011, yaitu film The Raid Redemption. Namun, di film laga tersebut namanya tidak terlalu dikenal.

Sambil sibuk bermain film, ia pun  mencoba menfokuskan kembali untuk belajar membaca Alquran dengan lebih baik di Jakarta. Kali ini, ia mulai banyak belajar melalui video youtube dengan referensi beberapa qori' internasional seperti Syekh Abdul Rahman Al-Sudais dan beberapa ulama lainnya.

Belum lama ini, tiba-tiba namanya kembali disebut-disebut setelah menjadi Imam di mushalla di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Pasalnya, saat menjadi imam direkam oleh salah seorang ajudan Gubernur Maluku KH Abbdulgani Kasuba. Kemudian, tanpa sepengetahunan Topan, video itu pun diunggah oleh akun facebook bernama Iqchalcendony Obi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement