Jumat 28 Jul 2017 19:34 WIB

Kontribusi Nahdlatul Wathan Mengawal Pancasila

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Dwi Murdaningsih
Madrasah Nahdlatul Wathan
Foto: Dokumentasi Nahdlatul Wathan
Madrasah Nahdlatul Wathan

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin menyampaikan Organisasi Islam Nahdlatul Wathan (NW) telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan bangsa dan daerah. Khususnya bagaimana organisasi ini merawat dan mengawal Pancasila sebagai ideologi negara.

"Pancasila merupakan pegangan hidup berbangsa dan bernegara yang senantiasa menuntut masyarakat untuk saling menghargai di tengah keberagaman agama, suku, adat istiadat, dan budaya yang ada. Pancasila adalah harga mati," ujar Amin saat Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) di Aula Ponpes Hamzanwadi, Pancor, Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Amin menyampaikan Indonesia dikaruniai keberagaman yang menjadi kekuatan untuk membangun bangsa. Meskipun warga diberikan kebebasan untuk menjalankan ibadah dan keyakinannya, namun nilai-nilai pancasila tetap menjadi perekat dan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Amin menilai dengan menumbuhkan nilai-nilai Pancasila, maka perilaku-perilaku menyimpang seperti radikalisme tidak akan muncul di tengah masyarakat. Bangsa ini karuniai dengan berbagai keberagaman dan sebagai pegangan hidup kita ideologi negara yaitu Pancasila," ucap Amin.

Amin berharap pemyelenggaraan Rakernas NW bisa terus berkontribusi bagi bangsa dan daerah. Menurut Amin, kemajuan NTB saat ini tidak lepas dari sosok Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi yang merupakan tokoh sentral NW.

Amin mengaku kepemimpinan Tuan Guru Bajang (TGB) selama 10 tahun terakhir telah membawa kemajuan pesat di berbagai sektor sehingga saat ini NTB telah menjadi daerah yang mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement