Sabtu 22 Jul 2017 20:41 WIB

Presiden Ajak Umat Islam Teladani Perjuangan Syaikh Nawawi

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Presiden Joko Widodo mengajak seluruh rakyat Indonesia, khususnya umat Islam, untuk meneladani dan meneruskan perjuangan Al-Maghfurlah Syaikh Nawawi Al-Bantani dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Ajakan ini disampaikan Presiden saat menghadiri peringatan Haul Al-Maghfurlah Syaikh Nawawi Al-Bantani ke-124, di Pesantren An Nawawi Tanara, Serang, Banten.

"Saya harap Bapak, Ibu, para hadirin yang berbahagia, meneladani sekaligus menghormati perjuangan Syaikh Nawawi," ujar Presiden kepada ribuan undangan yang hadir, Jumat (21/ 7) malam, dikutip dari rilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Ikut mendampingi Presiden, Menag Lukman Hakim Saifuddin serta sejumlah menteri kabinet kerja dan pimpinan lembaga Negara. Tampak hadir juga Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Ketua Umum MUI yang sekaligus menjadi tuan rumah KH Ma'ruf Amin.

Menurut Presiden, Syaikh Nawawi merupakan salah satu ulama Indonesia yang karya-karyanya telah tersebar luas dan menjadi rujukan utama dalam berbagai disiplin ilmu. Bahkan hingga kini, karya-karyanya masih banyak dikaji di berbagai pesantren dan sekolah keagamaan. "Syaikh Nawawi telah menulis lebih dari 100 buku yang meliputi berbagai disiplin ilmu, mulai dari tafsir, ilmu kalam, tauhid, dan yang lain-lainnya," ungkap Presiden.

Kepala Negara juga mengajak umat Islam untuk bersatu. Presiden yakin bahwa jika umat Islam bersatu, maka Indonesia akan menjadi negara yang subur dan makmur, adil serta aman sebagaimana yang telah diajarkan oleh Syaikh Nawawi. "Kita harus optimis dan bahu-membahu dalam membangun bangsa ini. Insya Allah negara kita akan menjadi negara yang 'Baldatun, Thayyibatun wa Rabbun Ghafur," tuturnya.

"Jangan sampai ada gesekan-gesekan yang tidak memberikan manfaat pada bangsa kita, Indonesia," imbuhnya.

Presiden mengaku, selama ini, dirinya tak segan mempromosikan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Menurutnya, fakta tersebut menjadi kekuatan dan potensi Indonesia yang harus dibanggakan kepada dunia internasional.

"Sekarang setiap saya bertemu di konferensi-konferensi internasional, selalu saya sampaikan Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Inilah yang terus akan saya sampaikan dimana-mana. Biar semua tahu bahwa negara besar dengan penduduk muslim yang paling banyak di dunia adalah yang namanya Indonesia," tandasnya.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement