Senin , 17 July 2017, 16:30 WIB
Mengenal Ilmuwan Muslim

Cahit Arf, Sang Pencetus Teori Cincin

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Metaexistence.org
Ilmuwan Muslim.
Ilmuwan Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cahit Arf, pria kelahiran 11 Oktober 1910 di Selanik, Thessaloniki, ini dikenal sebagai pakar matematika. Karyanya yang terkenal adalah aplikasi bentuk kuadrat dalam teori simpul dan teori operasi pada ilmu topologi.

Arf banyak berkontribusi terhadap pendidikan bagi ahli matematika masa kini di Turki. Tidak hanya ceramah, tetapi juga dalam berdiskusi saat konferensi maupun seminar.

Hasil pemikiran peraih Inonu Award 1948 ini, di antaranya ialah teori aljabar dan invarian arf yang memiliki banyak apli kasi di topologi. Karya awalnya adalah bentuk kuadrat di sebuah bidang, khususnya bidang karakteristik '2'. Teorema Has se yang dihasilkan Arf memainkan peran penting dalam teori medan kelas dan teori Artin tentang fungsi 'L'.

Selain itu, dia menemukan sebuah teori cincin yang dikenal dengan teori cincin Arf. Sosok yang mendapat penghargaan Science Award Tubitak pada 1974 ini merumuskan matematika terapan yang ditulisnya dalam makalah, seperti badan pesawat elastis yang dibatasi oleh batas bebas dan makalah mengenai struktur aljabar dari perluasan cluster dalam statistik mekanik.

Arf pernah menulis makalah mengenai ge neralisasi formula green dan penerapannya dalam masalah Cauchy untuk persamaan hiperbolik pada volume studi matematika dan mekanik yang dipresentasikan ke pada Richard von Mises pada 1954. Pertemuannnya dengan von Mises telah berlangsung sejak 1933 di Istanbul.