Jumat 16 May 2014 10:30 WIB

Syarat Agar Doa Terkabul

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Hafidz Muftisany
Berdoa di Masjid
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Berdoa di Masjid

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap Muslim yang berdoa pasti ingin agar hajatnya terkabul. Namun ada beberapa prasyarat agar doanya tersebut bisa diijabah oleh Allah SWT.

Imam Besar Masjid Istiqlal KH Ali Mustafa Yaqub mengatakan syarat mutlak terkabulnya doa adalah umat Muslim tidak mengonsumsi hal-hal yang diharamkan. 

Dengan berdoa, umat Islam menunjukkan kelemahannya dihadapan Allah SWT. Doa yang paling baik, terang Kiai Ali dilakukan ketika selesai shalat fardhu dan di pertengahan malam.

Pimpinan Pondok Pesantren an-Nurmaniyah, Ustazah Nurma Nugraha menambahkan seseorang harus yakin doa yang dipanjatkan akan dikabulkan Allah SWT. Selain itu sebagai adab saat berdoa hendaknya dengan suara yang lemah lembut dihadapan Allah SWT.

Setiap Muslim yang berbicara hendaknya diiringi sebuah doa. “Seperti anak yang meminta izin berangkat sekolah, terselip doa dari orang tuanya pada si anak saat menjawab izin tersebut,”ujar dia.

Ustazah Nurma mengingatkan bagi umat Islam untuk tidak bosan memanjatkan doa. Karena doa akan terjawab dengan tiga cara, pertama akan langsung diijabah sesuai dengan yang diminta, diganti dengan hal yang lain atau pengampunan dosa, dan diundur hingga hari kiamat diganti dengan hadiah yang lebih besar dari Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement