Senin 26 Jun 2017 22:11 WIB

Usung Semangat Persatuan, Rabithah Alawiyah Gelar Halalbihal

Suasana dalam acara halalbihalal yang diselenggarakan Rabithah Alawiyah di Jakarta, Senin (26/6)
Foto: istimewa
Suasana dalam acara halalbihalal yang diselenggarakan Rabithah Alawiyah di Jakarta, Senin (26/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wadah perkumpulan para habib di Indonesia, Rabithah Alawiyah menggelar perayaan Idul Fitri 1438 H. Acara halalbihalal ini diselenggarakan di Balai Pertemuan Darul Aitam, Tanah Abang, Senin (26/6).

Ribuan orang hadirin turut serta dalam acara rutin yang dilaksanakan setiap hari kedua Idul Fitri itu. Sejumlah tokoh menyempatkan diri hadir, di antaranya Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan mantan Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri.

Tak hanya sejumlah pejabat dan tokoh nasional, acara halalbihalal salah satu organisasi Islam tertua ini pun dihadiri beberapa duta besar negara sahabat. Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ahmed Amr Ahmed Moawad dan Dubes Maroko Quadia Benabdellah turut serta dalam acara silaturahim seluruh keluarga Alawiyin tersebut.

Dalam acara itu, Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Zen Bin Smith mengucapkan pesan selamat Idul Fitri. Tak lupa dia pun menghaturkan rasa terima kasihnya atas kehadiran ribuan hadirin dan juga tamu dari negara sahabat. "Atas nama pengurus Rabithah Alawiyah saya mengucapkan minal aidin wal faizin," ujar Habib Zen dalam sambutannya.

Sambutan Habib Zen dilanjutkan dengan pemaparan sejumlah agenda dan program yang telah dan akan dilaksanakan Rabithah Alawiyah. Program penting yang digagas Rabithah adalah melakukan digitalisasi organisasi.

Segala aktivitas organisasi Islam yang telah berdiri sejak 1928 itu kini bisa diakses secara digital via aplikasi mobile. Tak lupa turut dilaporkan mengenai program Rabithah Peduli yang menjadi upaya nyata Rabithah Alawiyah untuk terlibat dalam merekatkan tali sosial di antara anak bangsa.

Wakil Ketua Umum Rabithah Ahmad Riyad dalam pemaparannya menjelaskan bahwa program Rabithah Peduli telah menyentuh berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari masyarakat tidak mampu yang membutuhkan bantuan finansial, keluarga yang butuh perbaikan rumah layak, mahasiswa yang memerlukan beasiswa, hingga lansia yang sangat memerlukan perawatan.

Namun poin penting yang digarisbawahi dalam acara halalbihalal Rabithah Alawiyah adalah semangat dalam memperkuat persatuan dan kerja sama antarumat maupun segenap komponen bangsa. "Mari kita perkuat persatuan antara sesama kita sebagai bagian dari anak bangsa," ujar Ahmad Riyad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement