Ahad 25 Jun 2017 10:31 WIB

Wiranto: Saling Berkunjung Memaafkan Kultur yang Unik

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ani Nursalikah
Menkopolhukam Wiranto.
Foto: Republika/ Raisan Al Farisi
Menkopolhukam Wiranto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Wiranto mengatakan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini secara umum berjalan kondusif. Menurut Wiranto, aktivitas petugas untuk mengamankan mudik lebaran relatif baik. Begitu juga keamanan seluruh indonesia, menurut dia juga terjamin.

"Ada crisis center, tentu kita berdoa kegiatan masyarakat semua tidak terganggu oleh hal yg bisa membuat kita resah dan secara umum laporan semua kondusif, beberapa kejadian bisa ditangani," ujar dia di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Ahad (25/6).

Wiranto mengungkapkan, Idul Fitri di Indonesia memiliki kultur yang unik, yakni saling berkunjung dan memaafkan. Menurut dia, kultur ini dapat menjadi modal utama merajut silaturahim bangsa.

"Tatkala kita punya kultur budaya bagus dimana saling kunjungi maaf memaafkan itu kultur nasional nusantara yang di negara lain tdk banyak, maka mari kita maknai Idul Fitri dengan semangat nusantara dengan menyusun kehiduoan baru yang damai dan sehat penuh toleransi," kata dia.

Idul Fitri, menurut Wiranto juga merupakan suatu ajakan untuk kembali hidup dalam kerukunan. Kerukunan itu dapat menjadi modal menghadpi tantangan ke depan yang akan sangat beragam.

"Tanpa bersatu tidak mungkin bisa lawan itu kalau kita satu kita kuat punya tekad yang sama bagaimana negeri ini bisa menang dalam persiangan global," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement