Sabtu 24 Jun 2017 23:36 WIB

Polda Babel Ajak Muslim Makmurkan Masjid

Masjid Jami di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung. (Ilustrasi)  (Republika/Akbar)
Masjid Jami di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung. (Ilustrasi) (Republika/Akbar)

REPUBLIKA.CO.ID, Pangkalpinang, 24/6 (Antara) - Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung mengajak seluruh umat muslim untuk memakmurkan masjid dengan melaksanakan Takbiran pada malam Idul Fitri 1438 Hijriah di masjid-masjid yang ada di seluruh wilayah itu.

Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Abdul Mun'im di Pangkalpinang, Sabtu, mengatakan masyarakat lebih baik setelah berbuka puasa, bertakbiran di dalam masjid-masjid saja karena tempat yang paling mulia digunakan untuk beribadah, seperti bertakbiran pada malam lebaran yaitu di masjid.

"Kalau bertakbiran di dalam masjid, tentu sebelum bertakbiran, kita bisa melaksanakan shalat Tahiyyatul Masjid sebagai wujud kita selaku umat Islam memuliakan Masjid yang merupakan rumah Allah," ujarnya.

Dia mengatakan, kebiasaan masyarakat yang bertakbir dengan cara berkonvoi di jalan-jalan pada malam takbiran, perlu dihindari karena di samping mengganggu arus lalu lintas, juga bisa membahayakan bagi anak-anak yang bertakbiran sambil naik di atas kendaraan terbuka.

Menurutnya, bertakbiran yang dilakukan pada jaman dulu di jalan-jalan melalui konvoi nasih bisa dimaklumi, karena jaman dulu belum terlalu banyak penduduknya dan pengguna jalan raya masih sangat sepi serta masjid-masjid juga belum begitu banyak seperti sekarang ini.

"Namun kalau saat sekarang ini sudah banyak sekali masjid yang dibangun di wilayah Kepulauan Bangka Belitung dan pengguna jalan sudah sangat banyak, sehingga lebih bagus kita selaku umat islam, bersyiar melalui takbiran pada malam takbiran nanti di dalam masjid saja," katanya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement