Kamis 22 Jun 2017 02:00 WIB

Wali Kota Tangsel dan APP Wakafkan Ribuan Mushaf Alquran

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Pemkot Tangerang Selatan bersama Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mendonasikan 4.000 mushaf Alquran dan 65.600 buku tulis beserta santunan untuk anak-anak yatim piatu di wilayah Kota Tangerang Selatan, Rabu (21/6).
Foto: dok. Sinarmas
Pemkot Tangerang Selatan bersama Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mendonasikan 4.000 mushaf Alquran dan 65.600 buku tulis beserta santunan untuk anak-anak yatim piatu di wilayah Kota Tangerang Selatan, Rabu (21/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CIPUTAT -- Pemerintah Kota Tangerang Selatan bersama Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mendonasikan 4.000 mushaf Alquran. Ia turut memberikan 65.600 buku tulis dan santunan untuk anak-anak yatim piatu di Tangsel.

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Agung Al Jihad Ciputat ini turut dihadiri Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata dan Managing Director Saleh Husin. Saleh mengaku senang Sinar Mas dapat berbagi kebaikan dan memberikan manfaat melalui donasi mushaf Alquran.

"Hal ini merupakan komitmen kami untuk berbagi kebaikan kepada semua, sekaligus mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Alquran di Tanah Air,” kata Saleh melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (21/6).

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, memberikan apresiasi kepada unit industri APP Sinar Mas yang beroperasi di Tangerang Selatan, Indah Kiat Pulp & Paper - Tangerang. Ia merasa, kehadirannya telah banyak memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) 2013, ada sekitar 54 persen dari total populasi umat Islam di Indonesia yang belum dapat membaca Alquran. Sedangkan, data Kementerian Agama tahun 2011 mencatat kebutuhan Alquran di Indonesia mencapai dua juta mushaf per tahun.

Padahal, daya cetak Indonesia setiap tahun baru mencapai 300 ribu eksemplar. Karenanya, APP Sinar Mas mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Alquran bagi umat Islam di Indonesia.

Sejak 2008 sampai tahun ini, APP Sinar Mas telah mendonasikan 600 ribu mushaf Alquran ke berbagai wilayah di Indonesia bersama dengan berbagai mitra. Selain itu, APP telah mendonasikan 120 ribu Buku Cara Membaca Al-Quran Bagi Anak-Anak, Juz Amma, dan 700 set Alquran braile bagi difabel netra.

Kertas Alquran yang diwakafkan menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP). Produk kertas yang dikembangkan unit industri APP, Indah Kiat Pulp & Paper – Tangerang ini memiliki tekstur yang sangat halus.

Selain itu, hasil cetakannya sangat baik dan detil, tinta tidak meluber dan tidak tembus, serta tidak menyilaukan mata pembacanya. Bahkan, kualitas cetakannya mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal.

Kelebihan lain, produk kertas ini sudah memenuhi sertifikat halal MUI karena bahan baku dan proses produksinya telah memenuhi kaidah kehalalan. 90 persen produk ini diekspor ke negara-negara yang menjadi rujukan pusat-pusat percetakan Alquran seluruh dunia.

Selain Indonesia, ada Arab Saudi, Turki, Iran, dan Kuwait. Saat ini, APP Sinar Mas sudah memasok 60 persen kebutuhan kertas Alquran di dunia sejak tahun lalu.

Penyaluran donasi Alquran dengan kertas premium merupakan kegiatan rutin APP Sinar Mas kerjasama pemerintah lembaga keagamaan, sampai pilar usaha Sinar Mas di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan demi membantu pemerintah menyediakan Alquran untuk memenuhi kebutuhan umat Islam di Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement