Senin , 19 June 2017, 17:46 WIB

UB-UM Targetkan 3.000 Peserta MTQ Mahasiswa Nasional

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ilham Tirta
Republika/Musiron
Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional ( MTQMN). (ilustrasi).
Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional ( MTQMN). (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang (UB-UM) ditunjuk menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Mahasiswa Nasional XV 2017. Kedua perguruan tinggi ini menargetkan 3.000-an mahasiswa akan mengikuti kegiatan dua tahunan tersebut.

"Prediksi kami bisa 3.000 lebih pesertanya dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia," kata Ketua Pelaksana MTQ Mahasiswa Nasional XV 2017, Muafik Saleh di Gedung Rektorat UB, Malang, Jawa Timur, Senin (19/6).

Muafik menerangkan, sampai detik ini sudah berhasil mengumpulkan 2.011 peserta dari 278 perguruan tinggi, baik swasta, negeri maupun yang keagamaan. Ribuan peserta itu juga akan mengikuti 13 kegiatan cabang lainnya yang akan diselenggarakan, baik di UB maupun UM. Untuk perguruan tinggi keagamaan, dia menegaskan, hanya diperkenankan mengikuti tiga cabang lomba.

Dengan total peserta yang didapatkan ini, Muafik menilai, angka itu sepertinya menjadi yang paling banyak selama 15 tahun terakhir. Untuk itu, dia menegaskan, kedua tuan rumah berusaha agar kegiatan yang dilaksanakan dari 28 Juli sampai 4 Agustus itu  berjalan baik.