Senin , 19 June 2017, 15:15 WIB
Arsitektur Islam

Semarak Ramadhan dan Syiar Islam di Masjid Katara

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Katara.net
Bagian dalam Masjid Katara
Bagian dalam Masjid Katara

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sebagai bagian dari desa budaya, Masjid Katara menyelenggarakan banyak acara edukatif. Terlebih pada masa Ramad han. Seperti dilansir Gulf Times, 26 Mei lalu, kawasan perdesaan Katara menggelar sekitar 200 acara. Se- banyak 168 di antaranya merupakan ceramah keagamaan yang berpusat di Masjid Katara. Selain itu, ada fes- tival malam yang merupakan acara rutin setiap tahunnya.

Pada tahun ini, panitia Ramad- han kali ini mengambil tema Keramahtamahan dari pelbagai Bang sa-Bangsa Muslim". Menurut ketua panitia, Khalid Ibrahim al-Sayyid, rangkaian kegiatan pada Ramadhan ini bertujuan untuk mempro mosikan dan memperkuat kebudayaan Arab dan Islami di Qa tar. Sampai 29 Ramadhan, pasar rakyat juga dige- lar di dekat Masjid Katara.

Sebagai sebuah destinasi wisata di Qatar, Masjid Katara terbuka un tuk dikunjungi, baik Muslim mau pun non-Muslim, asalkan berpakaian sopan. Masjid ini menawarkan sisi re- ligius dari desa budaya kosmopo litan milik Qatar tersebut. Selain mas jid, ada pula gedung teater, ruang pam- eran, dan gedung konser yang mem- perindah desa budaya Katara.

Para turis disarankan mengabadikan momen-momen indah, semisal sore hari ketika sinar matahari keemas an menerpa permukaan Mas jid Katara. Pantulannya serupa kristal yang berpendaran warna biru dan hijau. Pemandangan pada ma lam hari juga tak kalah indahnya. Penerangan yang baik mem buat Masjid Katara tetap menawan untuk dikunjungi.

Masjid Katara dilengkapi fasili- tas-fasilitas pendukung, seperti ruang berwudhu, perpustakaan, dan madrasah.

Berita Terkait