Senin , 19 June 2017, 15:00 WIB
Arsitektur Islam

Tiga Menara Unik Masjid Katara

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
katara.net
Menara Merpati Masjid Katara
Menara Merpati Masjid Katara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 50 meter di seberangnya, terdapat tiga menara unik yang tingginya sekira dua kali ketinggian menara Masjid Katara. Ketiga menara ini bernama Menara Merpati. Bentuknya seperti peluru besar dengan lubang-lubang berbentuk lingkaran kecil-kecil yang mengitari permukaannya, sehingga aliran udara dapat memasukinya.

Warna Menara Merpati ini krem seragam. Bentuknya mengingatkan kita pada menara-menara di wilayah kebudayaan Islam di Mali, Afrika. Keindahan interior Adapun bagian interiornya tak kalah indah. Pengunjung akan tertarik pada pemandangan yang menawan. Dindingnya berwarna krem.

Birai jendelanya berwarna biru dan berbentuk kubah yang memanjang ke atas. Ruangan sebesar ini terasa sejuk lantaran berpendingin udara yang ter sebar metara. Permadaninya bercorak mo dern dengan garis-garis biru dan didominasi warna krem. Ini tampak selaras dengan permukaan dinding.

Ornamen lainnya yang tidak kalah mengagumkan adalah lampu gantung nya.

Itu terletak di atas, menggantung tepat di tengah langit-langit. Bentuk nya lingkaran sempurna bergaris tengah sekitar enam meter. Di dalamnya terdapat dua lingkaran dengan diameter lebih kecil.

Sekilas, lampu gantung ini tam pak berotasi, sehingga mirip kons te lasi planet- planet tata surya. La ngit-langit masjid ini ini berwarna keemasan dan terbagi ke dalam sem bilan bagian.

Tiap bagian tersebut memuat lingkaran bagian dalam kubah dengan warna berselang-seling biru. Dinding dan lantai pada ruang utama tempat para jamaah shalat berbahan dasar marmer berkualitas paling baik. Bagian mihrab Masjid Katara menampilkan kaligrafi dengan corak modern dalam lingkaran berwarna abu- abu. Podium masjid ini terbuat dari bahan kayu dan tampak lebih sederhana, tetapi sesuai dengan perpaduan warna interior ruangan tempat shalat.

Berita Terkait