Selasa 13 Jun 2017 05:49 WIB
Arsitektur Islam

Restorasi, Percantik Tampilan Masjid Moorish Punjab

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Gaya Arsitektur Moor
Foto: flickr.com
Gaya Arsitektur Moor

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Laman the Hindustan Times pada 12 November 2013 lalu melaporkan tentang riwayat restorasi Masjid Moorish Kapurthala. Pada 1972, perbaikan masjid ini merupakan salah satu program di bawah rencana besar peremajaan Kota Kapurthala. Penduduk setempat menyambutnya dengan gembira.

Tujuan pemerintah India saat itu adalah untuk mendukung potensi pariwisata di negara bagian Punjab, khususnya Kota Kapurthala. Saat itu, jabatan perdana menteri India oleh Indira Gandhi, tokoh perempuan kharismatik yang dikenal mencintai sejarah.

Selain penguatan struktur bangunan dan pengecetan ulang, Masjid Moorish Kapurthala juga diperindah dengan taman-taman bunga di seberang gerbang utamanya dan halaman belakang. Restorasi termutakhir berlangsung pada 2013. Itu tepat setelah beberapa hari presiden India Abdul Kalam melakukan kunjungan ke sana.

Adapun restorasi berikutnya rencananya akan lebih mengedepankan unsur-unsur kesejarahan masjid ini. Oleh karena itu, sampai saat ini, Masjid Moorish Kapurthala berada dalam pengelolaan lembaga arkeologi nasional India. Apalagi, masjid ini telah berstatus sebagai sa lah satu warisan budaya India. Mo del dioramanya telah dihadirkan di Museum Lahore.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement