Senin 29 May 2017 19:49 WIB

‘Buka Berkah’ Meriahkan Ramadhan di Kota Bandung

Wali Kota Bandung H M Ridwan Kamil (berpeci) didampingi istri Atalia Praratya mendatangi keluarga dhuafa dalam rangkaian kegiatan Buka Berkah di Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Senin (29/5).
Foto: Dok Humas Pemkot Bandung
Wali Kota Bandung H M Ridwan Kamil (berpeci) didampingi istri Atalia Praratya mendatangi keluarga dhuafa dalam rangkaian kegiatan Buka Berkah di Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Senin (29/5).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Menabur amal dan meningkatkan kesalehan sosial menjadi lebih berkah di Bulan Ramadhan. Itulah yang menjadi alasan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Tim Penggerak PKK dan Forum Rembug Peduli Bandung Sehat (FRPBS) menggulirkan event bertajuk ‘Buka Berkah’.

‘Buka Berkah’ akan berlangsung di 30 kecamatan di Kota Bandung mulai 29 Mei 2017 hingga 12 Juni 2017. Event tersebur diawali dengan kegiatan ‘Bedah Masjid’ di Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Senin (29/5/). Wali Kota Bandung HM Ridwan Kamil yang langsung membuka kegiatan tersebut.

Kegiatan ‘Buka Berkah’ dihadiri pula oleh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bandung. Melalui kegiatan tersebut, Pemkota Bandung sekaligus memonitor dan menyosialisasikan sejumlah program keagamaan di Kota Bandung. Yakni, Maghrib Mengaji, Subuh Berjamaah dan Ayo Bayar Zakat.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah pihak turut berpartisipasi, di antaranya Dharmawanita Persatuan Kota Bandung, Forum Komunikasi Dokter-dokter di Faskes Primer (LinkFKTP), BPJS Kesehatan dan berbagai komunitas lainnya. Sementara dari unsur swasta yang terlibat, di antaranya Shafco, Reckitt Benckiser, Yogya Grup, Mandiri ZIS (Zakat, Infak, Shodaqoh), Jonas Foto, K-lite-Zora FM dan lain-lain.

Pada hari pertama ‘Buka Berkah’, Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil didampingi istri Atalia Praratya Ridwan Kamil mengunjungi keluarga dhuafa sambil memberikan bantuan. Sejumlah bantuan yang diberikan, di antaranya Alquran, makanan untuk berbuka, dana santunan, bingkisan, sembako, paket hygiene dan sanitasi, pemeriksaan kesehatan oleh para dokter, dan pemberian kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi yang belum memiliki dari BPJS Kesehatan.

Pelaksanaan ‘Buka Berkah’ dilaksanakan oleh tiga tim. Tim pertama dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kota Bandung dan Ketua FRPBS Atalia Praratya Ridwan Kamil, Tim kedua akan dinahkodai oleh Wakil Ketua I TP PKK Kota Bandung Siti Oded M Danial, dan tim ketiga dikomandoi oleh Ketua DWP Kota Bandung Sri Yossi Irianto.

‘’Kami hadir di tengah masyarakat atas dasar cinta,’’ ujar istri Kang Emil yang juga Ketua TP PKK Kota Bandung Atalia Praratya Ridwan Kamil, Senin (29/5). Menurut dia, dengan bekerjasama dengan steakholder dan seluruh sponsor, semoga kegiatan ini berjalan lancar.

Kata Atalia, kegiatan ‘Buka Berkah’ akan ditutup pada 12 Juni 2017. Rencananya, papar dia, acara penutupan akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Untuk itu, pihaknya berharap kegiatan ini mendapat dukungan dari semua pihak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement