Selasa 23 May 2017 05:36 WIB

Masjid Muhammad Al-Amin Kebanggaan Rakyat Lebanon

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Masjid Mohammad Al-Amin, Beirut, Lebanon.
Foto: Momentaryawe.com
Masjid Mohammad Al-Amin, Beirut, Lebanon.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sekitar 100 meter dari masjid ini, ada monumen nasional Lebanon yang merupakan pusat Kota Beirut. Tata letaknya masjid ini mengingatkan publik Indonesia, khususnya pada Masjid Istiqlal yang berdekatan dengan gereja besar dan Monumen Nasional (Monas).

Dan, sama seperti Istiqlal yang menjadi kebanggaan rakyat Indonesia, Masjid Muhammad al-Amin merupakan kebanggaan nasional rakyat Lebanon.

Saat pembangunan Masjid Muhammad al-Amin berlangsung, para pekerja menemukan reruntuhan yang berbeda. Belakangan, para arkeolog memastikan situs tersebut merupakan bekas bagian jalan utama di era kekaisaran Romawi yang menghubungkan wilayah kekuasaannya di Eropa dan Asia.

Salah satu ciri yang dapat dikenali arkelog adalah pola-pola yang khas Roma. Beirut sejak berabad-abad lalu telah menjadi kota penting yang menjembatani pengaruh Barat dan Timur.

Beberapa kerajaan silih berganti menguasainya. Di antaranya adalah bangsa Punisia, Romawi, dan yang lebih kemudian, yakni Arab atau tentara Salib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement