Senin 03 Apr 2017 17:06 WIB

Bupati Anna Kembali Bagikan Zakat Rp 4,2 Miliar

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menyerahkan zakat secara simbolis.
Foto: dok.Pemkab Indramayu
Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menyerahkan zakat secara simbolis.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah kembali membagikan zakat, infaq, dan shadaqah yang berhasil terkumpul di Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (Bazis) Kabupaten Indramayu sebesar 4,2 miliar. Jumlah ini mengalami kenaikan bila dibandingan dengan perolehan tahun sebelumnya hanya mencapai 3,9 miliar. Pembagian zakat dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Kroya, Senin (3/4).

Dikatakan Anna, kenaikan perolehan bazis ini tidak terlepas dari kesadaran para PNS di Kabupaten Indramayu yang semakin besar dalam membayar zakat, infaq, dan shadaqah.

Pembagian zakat infaq dan shadaqah ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indramayu, terutama mereka yang berhak menerima zakat. "Untuk itu saya menyampaiakan terima kasih kepada para PNS yang telah bersedia menyisikan rezekinya dengan membantu saudara-saudara mereka yang berhak mendapatkannya,” ujar Anna dalam keterangannya yang disampaikan kepada Republika.co.id.

Bupati berharap, dengan adanya penyaluran zakat ini rantai kemisikinan bisa segera diputus dan penyelesaian benar-benar bisa sesuai dengan kaidah yang ada yakni melalui zakat, infaq, dan shadaqah.

Ketua Baznas Kabupaten Indramayu Moh Mudor menjelaskan, pendistribusian zakat yang dilakukan kali ini adalah hasil pengumpulan zakat pada tahun 2016 yakni mencapai Rp 6.801.255.618,21. Sedangkan perolehan pada tahun sebelumnya 2015, hanya mencapai Rp 3.947.349.095,20. Artinya, terdapat kenaikan sebesar Rp 2.853.906.523,01  atau sebesar 72,30 persen.

“Yang didistribusikan bupati keliling kecamatan nilainya Rp 4,2 miliar. Sedangkan sisanya sekitar Rp 2 miliar merupakan dana yang dipergunakan untuk insidentil seperti tanggap bencana alam, bantuan operasional pesantren, pengadaan Alquran, bantuan bagi keluarga yang sakit di rumah sakit, dan lainnya,” ujar Mudor.

Sedangkan untuk kecamatan yang menerima pembagian zakat, infaq, dan shadaqah untuk kali ini senilai Rp 223,75 juta. Dengan rincian yakni Kecamatan Kroya sebesar Rp 51,1 juta, Bongas Rp 44,95 juta, Gabuswetan Rp 57,25 juta, dan Kandanghaur sebesar Rp 70,45 juta.

“Zakat ini didayagunakan untuk rehab rumah gakin, bantuan modal usaha melalui majelis taklim, bantuan pemberdayaan majelis taklim,bantuan guru madrasah DTA, bantuan anak yatim, dan juga paket sembako,” kata Mudor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement