Sabtu , 13 Mei 2017, 18:23 WIB

Alquran Sumber Ilmu Pengetahuan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya mencari ilmu pengetahuan di dalam dunia Islam bukan hal baru. Sebab, sudah dilakukan para ulama sejak zaman dulu. Mereka mempunyai perspektif terhadap Alquran, Alquran bukan hanya petunjuk agama saja tetapi juga sebagai sumber ilmu pengetahuan.

"Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu sarana bagi manusia untuk menuju kehidupan di dunia yang lebih baik, dan petunjuknya ada dalam Alquran," kata Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof Muhammad Anis Shahab saat Seminar Dakwah bertema Alquran dan Sains Modern di Gedung Rabithah Alawiyah, Jakarta Selatan, Sabtu (13/5).

Ia mengatakan, agama Islam juga menaruh perhatian pada ilmu pengetahuan. Serta mendorong umatnya untuk terus mencari ilmu terus menerus. Diterangkan dia, ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi dalam alam manusia.

Dr. Zakir Naik pernah mengatakan, Alquran bukan sebuah buku berisi sains. Alquran adalah sebuah kitab suci berisikan kebenaran. Alquran memiliki 6.000 ayat lebih, 1.000 ayat di antaranya berkaitan dengan sains

"Jadi Alquran bukan ensiklopedia sains, ada pesan penting dalam ayat-ayat (Alquran) tersebut, oleh karena itu para ilmuan Muslim memusatkan perhatiannya pada pesan (Alquran)," ujarnya.

Dijelaskan Prof Anis, pada hakikatnya ayat-ayat Alquran merupakan petunjuk bagi manusia. Bukan hanya petunjuk untuk kehidupan akhirat, tetapi juga untuk kebaikan kehidupan di dunia. Ia menambahkan, Alquran mengandung hal-hal yang berhubungan dengan Ilmu pengetahuan, kisah-kisah, filsafat dan peraturan yang mengatur perilaku serta tatacara hidup.

"Alquran mempunyai fungsi utama sebagai petunjuk bagi manusia dalam menjalani kehidupannya untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat kelak," jelasnya.

Ia menegaskan, ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu sarana bagi manusia untuk menuju kehidupan yang lebih baik saat di dunia. Tapi, fungsi Alquran tersebut hanya dapat diwujudkan apabila Alquran dibaca, dikaji, direnungkan, dihayati maknanya dan diamalkan isinya.

Alquran diturunkan bukan hanya untuk orang-orang yang hidup pada masa Rosulullah saja. Bukan juga untuk orang-orang yang hidup di abad ini. Tapi, Alquran untuk seluruh umat manusia hingga akhir zaman.