Kamis 11 May 2017 16:05 WIB

Pakistan Minta Tambahan Kuota Haji Tahun Depan

Rep: Qommaria Rostanti/ Red: Bilal Ramadhan
jamaah haji (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
jamaah haji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Menteri Agama dan Kerukunan Antarkepercayaan Pakistan, Sardar Muhammad Yousaf, telah meminta Pemerintah Arab Saudi untuk meningkatkan kuota haji negara tersebut pada 2018. Permintaan ini disampaikan Sardar saat bertemu dengan otoritas Saudi di Jeddah pada Selasa (9/5) waktu setempat.

Seperti dilansir dari The News Tribe dalam pertemuan tersebut, Sardar mendesak Saudi meningkatkan jatah kuota haji Pakistan sebanyak 15 ribu jamaah. Saat ini kuota haji Pakistan 179.210 orang. Jumlah tersebut dibagi untuk 5.040 orang petugas haji, 450 personel pendamping jamaah, 270 personel staf musiman. Sisanya untuk masyarakat umum.

Tahun ini 107.526 warga Pakistan akan melakukan ibadah haji melalui skema haji reguler, sedangkan 71.684 orang akan melakukannya melalui haji khusus. Sardar mengatakan setiap warga Pakistan dapat melakukan haji sekali dalam tujuh tahun, sementara untuk pendaftar haji khusus diperbolehkan melakukan perjalanan sekali setelah lima tahun.

Dia memastikan tidak ada orang yang pergi haji dengan melanggar batas waktu yang telah ditetapkan pemerintah.  Orang-orang yang telah melakukan ibadah haji dalam tujuh tahun terakhir tidak memenuhi syarat untuk mengajukan kuota haji reguler.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement