Ahad 30 Apr 2017 21:09 WIB

GP Ansor Ajak Pemuda Hindari Radikalisme

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (kiri) memeriksa Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama dalam Apel Kebangsaan dan Kemah Kemanusiaan di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (18/4).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (kiri) memeriksa Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama dalam Apel Kebangsaan dan Kemah Kemanusiaan di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (18/4).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, mengajak generasi muda atau milenial agar membentengi diri dari gerakan kelompok radikal dan antitoleransi.

"Sebab jika dibiarkan, risikonya adalah terkoyaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Yaqut, Ahad (30/4).

Menurut Yaqut, untuk membentengi diri dari kelompok radikal bisa dilakukan dengan kegiatan kolektif yang bermuara pada hal-hal positif.

"Dengan berkembangnya teknologi informasi sekarang, kolektivitas di kalangan anak muda jadi berkurang. Mereka lebih intens berhubungan dengan gadget, bahkan dengan orang tua juga seperti itu," kata dia.

Padahal kolektivitas, kata dia, bisa membentengi masyarakat dari gerakan kelompok radikal, antitoleransi yang ingin mengubah negara dalam bentuk lain. Dengan kolektivitas, masyarakat harus saling mengingatkan untuk membendung radikalisme.

Yaqut yang juga anggota Komisi VI DPR RI itu mengatakan belum lama ini ada kelompok tertentu yang ingin menggelar Forum Khilafah Internasional di Jakarta. Pihak kepolisian tidak memberi izin lantaran setelah dianalisa intelijen, selain mendatangkan banyak massa juga memiliki maksud mengubah ideologi negara Indonesia menjadi syariah.

GP Ansor, kata dia, mengupayakan pembendungan radikalisme salah satunya lewat "Ansor Day Festival" pada Sabtu (29/4) dengan sasaran kaum muda.

"Ini adalah tradisi baru untuk mengenalkan Ansor, sekaligus mengajak generasi muda paham situasi dan kondisi negara," kata pria yang akrab disapa Gus Tutut ini.

Yaqut mengatakan pihaknya juga mengajak generasi milenial memiliki mimpi baru untuk membangun bangsa Indonesia. Gus Tutut menceritakan, dulu semasa masih kuliah, mahasiswa memiliki mimpi untuk menumbangkan rezim orde baru yang dikenal sangat otoriter.

Mimpi itu akhirnya bisa diwujudkan dengan kolektivitas atau kebersamaan para mahasiswa di Indonesia.

"Tapi kalau generasi milenial sekarang seperti apa, saya tidak tahu. Jangan-jangan malah tidak punya mimpi baru. Saya berharap generasi muda bisa membangun mimpi bersama-sama atas negara ini, atas kehidupan kita yang akan datang, ini penting. Kalau tidak punya mimpi, hidupnya akan begini-begini saja," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement