Ahad 30 Apr 2017 15:39 WIB

Ketua Pusat Hubungan Internasional Italia: Islam Agama Damai

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
 Unjuk rasa memprotes film anti Islam di Lahore, Pakistan (Ilustrasi)
Foto: Mohsin Raza/Reuters
Unjuk rasa memprotes film anti Islam di Lahore, Pakistan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LAHORE -- Ketua Pusat Hubungan Internasional Italia, Prof Andrea Margelletti, turut menghadiri seminar bertajuk "Persepektif Eropa Atas Isu Terorisme di Pakistan dan Afghanistan." Dalam sambutannya, ia turut mengutarakan pandangan tentang Islam.

"Islam adalah agama yang damai, namun ada organisasi dan kelompok yang melakukan terorisme mengatasnamakan Islam," kata Prof Margelleti seperti dilansir The Nationa, Ahad (30/4).

Dia menerangkan, negara-negara seperti Pakistan bahkan tidak dikenal di Eropa sebelum peristiwa 9/11, tapi semua berubah setelah kejadian tersebut. Soal hubungan Italia dan AS lewat NATO, ia menilai 9/11 turut menyerang Barat, bukan cuma As.

Margelletti menilai, persepsi tentang terorisme di Pakistan dan Afghanistan telah berubah karena dua alasan, taliban dan jihadis. Namun, dia memahami, kalau itu sebenarnya masalah regional dan ISIS mengubahnya jadi skenario internasonal.

"Jika seseorang tidak mengidentifikasi musuhnya, orang itu tidak akan bisa memeranginya," ujar Mergelletti.

Seminar sendiri digelat Pusat Studi Pakistan, dan digelar pada Jumat (28/4) lalu. Seminar turut dihadiri ilmuwan terkemuka Prof Hasan Askari Rizvi, mantan dubes Javid Husain dan Direktur Pusat Studi Pakistan Prof Massarrat Abid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement